Identifikasi Kebutuhan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Ilmu Administrasi Dalam Rangka Pengembangan ESP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris mahasiswa program studi Ilmu Administrasi dalam rangka pengembangan English for Specific Purposes (ESP). Mahasiswa Ilmu Administrasi membutuhkan kompetensi bahasa Inggris yang sesuai dengan konteks akademik dan profesional mereka, terutama dalam menghadapi tuntutan globalisasi dan lingkungan kerja yang semakin mengedepankan keterampilan komunikasi lintas bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa memerlukan peningkatan kemampuan dalam bidang bahasa Inggris yang spesifik, seperti penulisan laporan administrasi, korespondensi bisnis, presentasi formal, serta pemahaman teks akademik. Berdasarkan temuan ini, pengembangan kurikulum ESP yang lebih relevan dan kontekstual sangat diperlukan agar pembelajaran bahasa Inggris dapat mendukung kompetensi mahasiswa dalam dunia kerja. Kesimpulannya, identifikasi kebutuhan ini memberikan dasar penting untuk merancang program ESP yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan spesifik mahasiswa Ilmu Administrasi.
Downloads
Copyright (c) 2025 Heriani Gulo, Oktario Kurniawan Zai, Fatin Nadifa Tarigan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.