Identifikasi Kebutuhan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Ilmu Administrasi Dalam Rangka Pengembangan ESP

  • Heriani Gulo Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Oktario Kurniawan Zai Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Fatin Nadifa Tarigan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: analisis kebutuhan, ESP, olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris mahasiswa program studi Ilmu Administrasi dalam rangka pengembangan English for Specific Purposes (ESP). Mahasiswa Ilmu Administrasi membutuhkan kompetensi bahasa Inggris yang sesuai dengan konteks akademik dan profesional mereka, terutama dalam menghadapi tuntutan globalisasi dan lingkungan kerja yang semakin mengedepankan keterampilan komunikasi lintas bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa memerlukan peningkatan kemampuan dalam bidang bahasa Inggris yang spesifik, seperti penulisan laporan administrasi, korespondensi bisnis, presentasi formal, serta pemahaman teks akademik. Berdasarkan temuan ini, pengembangan kurikulum ESP yang lebih relevan dan kontekstual sangat diperlukan agar pembelajaran bahasa Inggris dapat mendukung kompetensi mahasiswa dalam dunia kerja. Kesimpulannya, identifikasi kebutuhan ini memberikan dasar penting untuk merancang program ESP yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan spesifik mahasiswa Ilmu Administrasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-17
How to Cite
Heriani Gulo, Oktario Kurniawan Zai, & Fatin Nadifa Tarigan. (2025). Identifikasi Kebutuhan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Ilmu Administrasi Dalam Rangka Pengembangan ESP. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(4), 1397-1404. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i4.3716

Most read articles by the same author(s)