Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) dalam Konteks Pendidikan Olahraga

  • Alwi Fahruzy Nasution Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Fatin Nadifa Tarigan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: analisis kebutuhan, ESP, Olahraga

Abstract

Pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris dengan ESP hakikatnya ditujukan untuk membantu mahasiswa berkomunikasi dengan bidang akademik yang mereka minati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan Bahasa Inggris  khusus bagi mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan. Instrument   pengumpulan   data   yang digunakan  yaitu kuesioner  terhadap  45 mahasiswa yang sudah pernah mengikuti mata kuliah umum Bahasa Inggris  dan  wawancara  langsung  terhadap  dosen  bahasa  Inggris  dan  dosen  PJKR. Data dikumpulkan dan kemudian diolah secara kualitatif.    Hasil  analisis  menunjukkan pentingnya pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan  dan  menguasai  bahasa  komunikasi  mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR).  Materi  bahasa  Inggris khusus (ESP) yang  penting untuk ditekankan yaitu istilah-istilah   bahasa   Inggris   yang   relevan dengan pembelajaran olahraga.    Materi-materi    lain    yang    bersifat    aplikatif    dalam peningkatan   keterampilan   menyimak   dan   berbicara   juga   menjadi prioritas  pembelajaran.  Hasil  penelitian diharapkan  menjadi  referensi  untuk pengembangan   kurikulum   mata   kuliah  bahasa Inggris pada program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-11
How to Cite
Alwi Fahruzy Nasution, & Fatin Nadifa Tarigan. (2024). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) dalam Konteks Pendidikan Olahraga. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(4), 1363-1371. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i4.2233

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>