Pengaruh WH-Question Terhadap Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa

  • Riang Hati Laia Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Hepi Lina Ndruru Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Fatin Nadifa Tarigan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: WH Question, Menulis, Teks Recount

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah WH-Questions mempunyai pengaruh yang signifikan WH-Questions pada penulisan teks recount siswa di kelas sepuluh.SMK Swasta Marindal II Medanpada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas XSMK Swasta Marindal IIMedan,yang dipilih secara acak. Penulis mengambil dua kelompok siswa sebagai sampel, satu sebagai kelompok eksperimen dan satu lagi sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis. Data dianalisis dengan uji-t. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen adalah 77,25 dan termasuk dalam kategori baik. Rata-rata siswa yang diajar menulis teks recount dengan menggunakan teknik WH-Questions adalah 77,25, rata-rata siswa yang diajar menulis teks recount tanpa teknik WH-Questions adalah 67,75. Hal ini terlihat dari hasil akhir analisis uji t yang menyatakan nilai t lebih besar dibandingkan dengan t tabel (5,5599 > 0,320). Terdapat perbedaan prestasi siswa dalam menulis teks recount antara siswa yang diajar menggunakan teknik WH-Questions dan yang tidak menggunakan teknik WH-Questions. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa di kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-19
How to Cite
Riang Hati Laia, Hepi Lina Ndruru, & Fatin Nadifa Tarigan. (2024). Pengaruh WH-Question Terhadap Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(2), 382-391. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i4.2232

Most read articles by the same author(s)