Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint Pada Masa Covid-19 Melalui Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan T.P 2020/2021

  • Kahiril Amali Sekolah Tinggi Olahraga & Kesehatan BINA GUNA
  • Liliana Puspa Sari Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: lari sprint, metode pembelajaran komando

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar lari sprint melalui gaya mengajar komando Pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 064009 Medan . Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 064009 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 30 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan lembaran portofolio. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara menyeleksi, menyederhanakan dan mentranformasikan data yang telah disajikan dalam transkip catatan lapangan. Kegiatan reduksi data ini bertujuan untuk melihat kesalahan dan kekurangan siswa dalam pelaksanaan tes, diperoleh 4 siswa (13%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 26 siswa (87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63,33. Kemudian dilakukan pembelajaran siklus I dengan menerapkan pembelajaran komando dalam pembelajaran siswa pada materi lari sprint berdasarkan perbaikan dari siklus I diperoleh sudah 28 siswa (93%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 2 siswa (7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,74. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar per siklus yaitu sebesar 18,2 dan peningkatan klasikalnya sebesar 27,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Pembelajaran dengan menerapkan gaya mengajar komando dalam pembelajaran lari sprint pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan meningkat. Dalam artian pembelajaran dengan metode komando mempengaruhi hasil belajar lari sprint siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aip Syarifuddin. 1992. Olahraga Pilihan Atletik. Depdikbud, Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Benny, A. M., & Hendrawan, D. (2020, March). Modification of Athlete Equipment for Basic Level Physical Education Learning. In 1st Unimed International Conference on Sport Science (UnICoSS 2019) (pp. 110-113). Atlantis Press.

Brotosuryo. 1993. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

D.Z. Sidiq. 2011. Mengajar dan Melatih Atletik. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Guthrie M. 2008.Sukses Melatih Atletik. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta

Kusumah W. dan Dwitagama D. 2010.Penelitian Tindakan Kelas.PT Indeks. Jakarta

Matakupan, I. 1993. Teori Bermain.Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Kependudukan. Jakarta. Depdikbud

Riskomar D. 2004.Outdoor & Fun Games Activities. MU: 3 Books Division. Jakarta

Semiawan C.R. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. 2008. Jakarta

Sri Wahyuni, dkk. 2009. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. PT Tiga Serangkai. Solo

Sujiono dan Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks. Jakarta

Sukintaka. 1992. Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tambunan DJ, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Published
2020-05-27
How to Cite
Kahiril Amali, & Liliana Puspa Sari. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint Pada Masa Covid-19 Melalui Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan T.P 2020/2021. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 74-79. https://doi.org/10.55081/jumper.v1i2.491

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>