Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint Pada Masa Covid-19 Melalui Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan T.P 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar lari sprint melalui gaya mengajar komando Pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 064009 Medan . Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 064009 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 30 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan lembaran portofolio. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara menyeleksi, menyederhanakan dan mentranformasikan data yang telah disajikan dalam transkip catatan lapangan. Kegiatan reduksi data ini bertujuan untuk melihat kesalahan dan kekurangan siswa dalam pelaksanaan tes, diperoleh 4 siswa (13%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 26 siswa (87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63,33. Kemudian dilakukan pembelajaran siklus I dengan menerapkan pembelajaran komando dalam pembelajaran siswa pada materi lari sprint berdasarkan perbaikan dari siklus I diperoleh sudah 28 siswa (93%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 2 siswa (7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,74. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar per siklus yaitu sebesar 18,2 dan peningkatan klasikalnya sebesar 27,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Pembelajaran dengan menerapkan gaya mengajar komando dalam pembelajaran lari sprint pada Siswa Kelas V SDN 064009 Medan meningkat. Dalam artian pembelajaran dengan metode komando mempengaruhi hasil belajar lari sprint siswa.
Downloads
References
Benny, A. M., & Hendrawan, D. (2020, March). Modification of Athlete Equipment for Basic Level Physical Education Learning. In 1st Unimed International Conference on Sport Science (UnICoSS 2019) (pp. 110-113). Atlantis Press.
Brotosuryo. 1993. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud
Dimyati dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
D.Z. Sidiq. 2011. Mengajar dan Melatih Atletik. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Guthrie M. 2008.Sukses Melatih Atletik. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta
Kusumah W. dan Dwitagama D. 2010.Penelitian Tindakan Kelas.PT Indeks. Jakarta
Matakupan, I. 1993. Teori Bermain.Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Kependudukan. Jakarta. Depdikbud
Riskomar D. 2004.Outdoor & Fun Games Activities. MU: 3 Books Division. Jakarta
Semiawan C.R. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. 2008. Jakarta
Sri Wahyuni, dkk. 2009. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. PT Tiga Serangkai. Solo
Sujiono dan Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks. Jakarta
Sukintaka. 1992. Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tambunan DJ, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.