Analisis Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Capaian Keterampilan Service Bawah Bola Voli Pada Kelas Viii SMP Swasta Pencawan School Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan model pembelajaran
jigsaw terhadap Hasil Belajar Bola Voli Teknik Service Bawah pada kelas VIII SMP Pencawan
School Medan. Konsep yang digagas adalah untuk menemukan pembahasan model
pembelajaran sebagai petunjuk proses belajar, kemudian dapat menjadi rekomendasi siswa
untuk menerapkan pembelajaran teknik dasar yakni melaksanakan materi servis bawah
bola voli.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pada pelaksanaan dilapangan adalah
menggunakan desain deskriptif. Desain deskriptif adalah metode kualitatif dengan yang
dilaksanakan dengan kemampuan analisis peneliti dalam menghubungkan antar variabel
penelitian. Penelitian yang dilaksanakan pada masa pandemi Corona Virus Desease 2019
(Covid-19) yakni melakukan kajian analisis yang bekaitan dengan gaya mengajar dan hasil
belajar bola voli. Data penelitian diperoleh melalui kajian analisis secara mendalam pada 3
jurnal nasional tentang model pembelajaran jigsaw, dan 3 jurnal nasional tentang teknik
servis bawah bolavoli.
Hasil Analisis terhadap kajian model pembelajaran jigsaw dan teknik sevis bawah bola voli
memiliki hubungan pada aspek penerapan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang
dimaksud adalah langkah-langkah pada model pembelajaran jigsaw yang merupakan model
pembelajaran yang mendorong siswa untu berpikir analisis, dan pada peningkatan
keterampilan servis bawah membutuhkan analisis. Jika dikaitkan dengan materi servis
bawah bola voli maka jigsaw hanya dapat diterapkan berdasarkan penilaian guru bahwa
beberapa siswa memiliki keterampilan servis bawah bola voli.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis kajian model pembelajaran jigsaw
terhadap hasil servis bawah bola voli untuk sekolah SMP Swasta Pencawan School Medan
pada masa Pendemi Corona Virus Desease-19 dilakukan dengan studi pustaka jurnal
nasional. Kajian dilakukan dengan menemukan karakteristik model pembelajaran jigsaw
dan karakteristik hasil belajar servis bawah bola voli. Berdasarkan analisis yang ditemukan
maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar jigsaw memiliki hubungan dengan teknik
belajar servis bawah bola voli dengan kriteria yaitu beberapa siswa memiliki kemampuan
pada materi yang diterapkan, sasaran siswa memiliki kriteria yang memiliki sikap disiplin
yang baik, dan materi yang akan disampaikan telah disiapkan oleh guru terkait sarana dan
prasarana yang dapat digunakan oleh siswa secara mandiri
Downloads
References
Akilan. N. 2014. Effect Of Basketball Specific Endurance Circuit Training On Body Composition And Aerobic Capacity Of High School Male Basketball Players.
International Journal of Physical Education, Fitness and Sport. 3(1):15-21
Amber,V.Bola Basket Petunjuk Untuk Pelatihdan Pemain.Bandung: C.V. Pionir Jaya
Azmin,N.H. 2016. Effect of the Jigsaw-Based Cooperative Learning Method on Student Performance in the General Certificate of Education Advanced- Level Psychology: An Exploratory Brunei Case Study. International Education Studies. 9(1): 91-106
Azwar, S. 2014. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azzulfa, Y. 2015. http://kumpulantugassekolahdankuliah.blogspot.co.id/2015/01/ kelebihan-dan-kekurangan pembelajaran.html [diakses 17 Maret 2016]
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP
Creswell, J.W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dhara, S. & Ghosh,S.N. 2015. A Comparative Study of Explosive Strength and Selective Anthropometric Variables between the Basketball and Volleyball Players. The International Journal Of Humanities & Social Studies. 3(4):159-163
Fenanlampir, A. & Faruq, M.M. 2015. Tes dan pengukuran dalam olahraga. Yogyakarta: CV ANDI
Gaggioli, A., Morganti, L., Mondoni, M., & Antonietti, A. 2013.”Benefits of Combined Mental and Physical Training in Learning a Complex Motor Skill in Basketball”. Journal Scientific Research. 4(9A2): 1-6
Gunawan, M.A. 2013. Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing
Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Indra Malik. 2015. Materi Bola Basket. https://ferimoeroesz.wordpress.com/2015/02/ [diakses 12 Pebruari2016]
Kingbalax. 2014. Bola Basket Terbaik Indoor dan Outdoor (Bagian 2). pivotbolabasket.wordpress.com [diakses 17 November 2015]
Komarudin. 2016. Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kosasi, D. 2008. Fundamental Basketball A First Step To Success. Semarang: Karangturi Media
Ling, J., dan Catling, J. 2012. Psikologi Kognitif. Terjemahan Noormalasari Fajar Widuri. :Erlangga.
Milenković, D. & Stanojević, I. 2014.”Relations Between Motoric Abilities and Specific Motoric Basketball Skills in Physical Education Classes”. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education. 2(1): 19-24
Mohaimin, A. & Kishore, Y. 2014. Construction of Dribbling Control Ability Test for Basketball. International Journal of Physical Education, Sports and Health. 1(2): 14- 16
Mosston, M. & Ashworth, S. 2008. TeachingPhysicalEducation. : First Online Edition
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga Oliver, J. 2009.
Dasar-Dasar Bola Basket. Terjemahan Wawan Eko Yulianto. Jakarta: Pakar Raya.
Olympia, L., Eva, P., Panagiotis, A., & Argyris, K. 2014. Proposal of a physical education program with multicultural elements in the Secondary Education and evaluation of student satisfaction. International Journal of Education and Research. 2(12): 165-180
Prusak, K.A. 2005. Permainan BolaBasket. Terjemahan : Citra AjiParama.
Purwanto, M.N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda
Rahayu, E.T. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Rahyubi, H. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media
Riyadi, M.F. 2013. “Keefektifan Model Pembelajaran Example Non-Example Terhadap Hasil Belajar Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Randugunting 4 Kota Tegal”. Skripsi. Semarang: Pendidikan Guru SekolahDasar
Romadhon, W.K. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran Resiprokal Terhadap Gerak Dasar Lay Up dalam Bermain Bolabasket”. Jurnal Penelitian. Lampung: Keguruaan dan Ilmu Pendidikan
Rosdiani, D. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
Sari, I. E. P. (2020). Efforts to Improve Learning Outcomes passing Down Volleyball Variations Through Learning and Modified Ball On Private Junior High School eighth grade students Perbaungan Satria Dharma School Year 2019/2020: Efforts to Improve Learning Outcomes passing Down Volleyball Variations Through Learning
and Modified Ball On Private Junior High School eighth grade students Perbaungan Satria Dharma School Year 2019/2020. Journal of Midwifery and Nursing, 2(1), 173-176.
Sachanidi,M., Apostolidis,N., Chatzicharistos,D,.& Bolatoglou,T. 2013.”Passing Efficacy of Young Basketball Players: Test or Observation?”. International Journal of Performance Analysis in Sport. 13():403-412
Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Rajawali Pers
SudiraMP,P.2006.KurikulumTingkatSatuanPendidikanSMK.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Afabeta
Syah, M. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Syuhada, M. 2013. “Hubungan Antara Power Otot Lengan Bahu, Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata Tangan Dengan Kemampuan Free Throw Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Di SMA N 1 Ngemplak Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Ilmu Keolahragaan
Tran, V.D. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education. 3(2): 131-140
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2007 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
2007.Bandung: Diperbanyak oleh Citra Umbara Uno, H.B. & Mohamad, N. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: P.T. Bumi Aksara
Usman, H. & Akbar, R.P.S. 2011. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara Warsono & Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: Rosda
Yu, K.T., Su, Z.X., & Zhuang, R.C. 2008. An Exploratory Study of Long-Term Performance Evaluation for Elite Basketball Players. International Journal of Sports Science and Engineering. 2(1): 195-203
(Produser). 2014. “Penjasorkes Bola Volley”. (Rekaman Video). Jakarta: Direktorat SMA danPUSTEKKOM
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.