PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI TEORI KOGINITF

  • Muhammad Qasash Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akbar Syafruddin Universitas Negeri Makassar
  • Alimin Hamzah Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar
  • Ishak Bachtiar Universitas Negeri Makassar

Abstract

Belajar adalah proses dimana manusia memperoleh pengetahuan atau menguasainya melalui pengalaman, ingatan, pengumpulan informasi atau penemuan. Menurut teori aliran kognitif, kegiatan belajar melibatkan lebih dari sekedar stimulus atau reaksi mekanis; mereka juga melibatkan proses mental pelajar itu sendiri. Tingkat pertumbuhan kognitif seseorang menentukan bagaimana struktur mental seseorang berkembang. Bakat dan keterampilan yang diperlukan untuk memproses banyak informasi atau pengetahuan yang diambil seseorang dari lingkungannya meningkat dengan perkembangan kognitif yang lebih baik. Dengan memberikan pemahaman dan menerapkannya dalam permainan, pembelajaran kognitif berperan penting dalam penerapan praktik dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, sehingga terjadi otomatisasi. Otomatisasi bergerak dari landasan kognitif-afektif. Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif siswa yang sudah ada sebelumnya akan meningkatkan keterlibatan dan retensi pembelajaran.

Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Kognitif

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-07
How to Cite
Qasash, M., Syafruddin, M. A., Hamzah, A., Aksir, M. I., & Bachtiar, I. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI TEORI KOGINITF. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 22-28. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.803