UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 04 MEDAN
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap sikuls terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk penelian portopolio. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil penelitian dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal, sementara metedo yang digunakan adalah metode tindakan kelas. Berdasarkan data awal yang didapat sebesar 10 orang siswa (27,78%) telah tuntas dalam pembelajaran sementara 26 orang siswa (72,22%) tidak tuntas dalam pembelajaran. selanjutnya hasil belajar pada siklus I, sebesar 27 orang siswa (75%) telah tuntas dalam pembelajaran sementara 9 orang siswa (25%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus II sebesar 33 orang siswa (91,67%) telah tuntas dalam pembelajaran sementara 3 orang siswa (8,33%) tidak tuntas dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 04 Medan Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung, Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta, Rineka Cipta.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung, Yrama Widya.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.
Husdarta, Saputra.. (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta
K.J. O’Connor, (1999). The Play Therapy Primer: An Integration of Theories and Techniques. New York USA: A Wile Interscience Publication John Wiley & Sons, Inc.
Lutan, Rusli. (2000). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta
Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Penerbit Yudistira.
Mukholid, Agus. (2004). Paendidikan Jasmani. Surakarta, Yudhistira.
Sadirman, A.M. (2009) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit Raja Grafindo. Jakarta
Slameto. (2004). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta, Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Remaja Rosdakarya.
Sue Bredekamp (1987). Developmentally Appropriate Practice in Early Chilhood Program ServingChildren From Birth Throught Age 8. Washington: NAYC.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Syahputra. (2004). Seputar Pengertian Sepakbola. (http://seputarpengertian.blogspot.com/2014/03/seputar-pengertian-sepak-bola.html diakses pada 9/4/2015;17:00)










