UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NUSANTARA EDUCATION
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui gaya penemuan terbimbing pada materi passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola di kelas X SMK Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016,waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI terdiri dari 38 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu 38 orang siswa (total sampling), yaitu siswa kelas X SMK Nusantara Education Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar passing sepak bola. Dari 38 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 6 orang siswa (15,79%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar sepak bola, sedangkan selebihnya yaitu 32 orang siswa (84,21%) belum memiliki ketuntasan belajar passing bola. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 50,19 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 38 orang siswa telah ada 20 orang siswa (52,63%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 18 orang siswa (47,37%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 69,52 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 38 orang siswa, ternyata sudah 33 orang siswa (86,84%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 5 orang siswa (13,16%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 78,29 (Tuntas). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran Pendekatan taktis berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas X Nusantara Education tahun pelajaran 2015/2016
Downloads
References
Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Luxbacher, Joseph Ph.D. 2004. Sepak Bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhajir . (2004). Pendidikan Jasmani , Teori dan Praktek . Jakarta : Penerbit Erlangga
Sucipto. Dkk. 2000. Sepak Bola. Depdikdud Dirjen Dikti.
Slavin, robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik).Bandung : Nusa Media










