UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Latihan pada siswa kelas V SDN 056022 Tanjung Pura tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik menggiring bola masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang tidak mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VII SMP Swata Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015.
Downloads
References
Djamarah.(2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.
Lutan, Rusli.(1999). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan jasmani Dan kesehatan. Departemen Pendidikan Dan Kebidayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tiggi. Proyek Peminaan Tenaga Pendidikan. Jakarta.
Muhajir.(2004). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta: Erlangga
Nana Sudjana.(1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional
Subroto, Toto (2003). Pemantapan kemampuan mengajar (PKM). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suharsimi Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sunarno, Agung (2011). Metode Penelitian Keolahragaan. Surakarta : Yama Pustaka
Supandi.(1992). Strategi belajar mengajar pendidikan jasmani dan kesehatan.