UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

  • Muhammad Syaleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Ahmad Almunawar Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: tolak peluru gaya ortodoks; media audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia Tahun 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan julah siswa 35 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa penerapan pembelajaran melalui media audio visual terhadap hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Tolak peluru Gaya Ortodok masih rendah. Dari 35 orang siswa terdapat 24 orang (68%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang (32%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 35 orang siswa terdapat 31 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir Ateng (1992).Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Adang Suherman (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Agus Kristiyanto (2010). Penelitian TIndakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Sebelas Maret University Press.

Giri Verianti, Bangbang Samsudar (2009). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Untuk Siswa SMP-Mts Kelas VII.

Hamalik,Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamdani (2010). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit CV. Mustika Bandung


Icuk Sugiarto (2002). Total Badminton. CV Setyaki Eka Anugrah. PBSI Pengda DKI Jakarta.

Muska Mosston, Sara Ashworth (2008). Teaching Physical Education. First Edition. Spectrum Teaching and Learning Institute.

Sudjana (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Suharsimi Arikunto (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung Yrama Widia.

Suryosubroto B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusli Lutan (2000). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Rusli Lutan (2000).Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Tim Penyusun (2015). Penulisan Skripsi STOK Binaguna Medan,



http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Konsep_Pendidikan_Jasmani_.pdf diakses oleh Tiopan pada tanggal 13 Maret 2015.

http://www.birdievents.com/badminton-tips-trainings/how-to-execute-high-quality-short-serves.html diakses oleh Tiopan pada tanggal 13 Maret 2015.

http://latifah04.wordpress.com/2008/04/03/ptk diakses oleh Tiopan pada tanggal 20 Oktober 2015.

http://www.scribd.com/doc/7422782/Skripsi-Hubungan-Motivasi-Belajar- Dengan-Hasil-Belajar-Siswa diakses oleh Tiopan pada tanggal 13 Maret 2015.


http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/model-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html diakses oleh Ariat Sopren pada tanggal 13 Maret 2015.
Published
2017-10-31
How to Cite
Syaleh, M., & Almunawar, A. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 5(2), 49-54. https://doi.org/10.55081/jsbg.v5i2.459