PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Menggunakan Media yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Cerdas Murni Tembung Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015.waktu penelitian dilaksanakan pada 21 dan 28 juli 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I) dan Siklus II dalam proses pembelajaran tolak peluru, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai persentase rata-rata siswa pada tes awal adalah 61,25% (Tidak Tuntas), pada data awal nilai persentase rata-rata siswa meningkat menjadi 64,46% (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan siklus II nilai persentase rata-rata siswa meningkat dan telah mencapai 84,46% (Tuntas).
Downloads
References
Bahagia yoyo, Suherman adang 2000. Prinsip-prinsip pengembangan dan Modifikasi cabang Olahraga. Jakarta, Depdiknas.
Car, Gerry A. 1997. Atletik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
http://grandmall10.wordpress.com/2010/11/19/metodegaya-mengajar-dalam-penjas/
Kristiyanto, agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dalam pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga: UNS Press.
Mosston, Muska. 1981. Teaching Physical Education, Columbus : Charles E and Merril Publishing Company.
Nurkencana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Penerbit Usaha Nasional. Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Soepartono dan Ngasmin. 1997. Modifikasi Sarana dan Prasarana. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Suharsimi, arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengejar. Bandung : Tarsito.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Syarifuddin, aip. 1992. Atletik. Jakarta, Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidik.










