Efektivitas Penerapan Media Audiovisual Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan : Systematic Literature Review
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data pencarian literature diperoleh dari jurnal elektronik database digital Goggle Scholar yang terindeks sinta 1 – 6 yang meliputi artikel yang relevan dalam 10 tahun terakhir. Dengan pencarian kata kunci media audio-visual pada pembelajaran PJOK. Terdapat 5 artikel relevan dari 25 artikel terkait. Berdasarkan hasil analisis dengan tahapan Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analyses (PRISMA) menunjukkan bahwa media audio-visual efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, pemahaman konsep dan keterampilan siswa. Media ini juga memberi pengalaman yang interaktif,menarik dan memfasilitasi pembelajaran siswa secara mandiri. Penerapan media audio-visual juga membantu guru dalam menyampaikan materi secara efektif, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung hasil belajar yang optimal. Penelitian ini direkomendasikan bagi guru sebagai alat bantu pembelajaran PJOK agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, A. M., & Dicky, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna Medan, 7(November), 67–74.
Ahmadi, J. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Penjaskes Di Kelas Iv Sd Negeri 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Inovasi Pendidikan, I(17), 68–84.
Ardyanto, S. (2018). Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Penjas, 4(3), 21–32. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/723
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Bangun, S. Y. (2016). Kajian Pustaka & Pembahasan. VI. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 30–33.
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Development Of An Ict-Based Audio-Visual Learning Media Model In PJOK For Elementary School Teachers In Seluma. Sport Gymnastic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics
Irfan, I., & Latief, H. (2023). Pengembangan bahan ajar pembelajaran pjok materi perm ainan sepakbola berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas vii smp negeri 13 sigi. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 246. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16585
Iswahyudi, M. N. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap HasilBelajar Teori Tenis Meja Dalam Pendidikan Jasmani DanKesehatan Pada Siswa Kelas V Miss Jatirejo DiwekJombang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang, 1(4), 181–184.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Naufal Nur Fadhillah Karim, & Burhan Hambali. (2024). Systematic Literature Review: Peningkatan Kesehatan Mental Melalui Olahraga. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 4(2), 110–120. https://doi.org/10.55081/joki.v4i2.2290
Nawir, N., Jamaluddin, J., Hudain, M. A., D, M. N. I., & Arga, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas IV di UPT SPF SD Inpres Rappokalling I Kota Makassar. Journal on Education, 6(1), 2318–2326. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3246
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Pujiyanti, M. S., & Setyawan, D. A. (2024). Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Peserta Didik Kelas X pada Materi Gerak Roll Belakang. 14(4), 290–296.
Qasash, M., Syafruddin, M. A., Hamzah, A., Aksir, M. I., & Bachtiar, I. (2023). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Teori Koginitf. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 22–28. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.803
Risna Malinda, Z. R., & Zulheri Is. (2022). Pengaruh Modifikasi Pemanasan Menggunakan Permainan Terhadap Minat Siswa Mengikuti Pelajaran Pjok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2).
Sasmita, I. A. P. (2021). “Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Munduk.” Jurnal Pendidikan, 08(2), 24–33. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/809
Setiyawan. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 74–86.
Solihin, A. O. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Youtube untuk Materi Pembelajaran Tenis Meja. Jpoe, 2(2), 247–259. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.111
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944