Hubungan Literasi Fisik Dengan Kesehatan Siswa MTS Di Jawa Barat
Abstract
Literasi fisik berperan penting dalam membentuk kebiasaan hidup sehat, terutama bagi remaja. Kurangnya pemahaman dan partisipasi dalam aktivitas fisik dapat berdampak negatif pada kesehatan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara literasi fisik dengan kesehatan fisik dan mental siswa Madrasah Tsanawiyah di Jawa Barat menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan survei korelasional. Sampel terdiri dari 260 siswa dari delapan sekolah yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen utama adalah Sport Development Index (SDI) yang mencakup tujuh aspek literasi fisik dan enam aspek kesehatan. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM) dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hubungan tidak signifikan dengan hubungan kategori rendah antara literasi fisik dan kesehatan siswa yang terjadi penurunan dalam setiap tahunnya. Adanya kesenjangan antara pengetahuan hidup sehat dengan implementasi menyebabkan faktor literasi fisik tidak lagi berperan penting dalam kesehatan seseorang.Oleh karena itu, perlu dikaji faktor lain yang berperan mempengaruhi kesehatan siswa.
Downloads
References
Abdurrahman, E., Keliat, P., Swandana, A., (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Pertandingan Kejuaraan Daerah Sumatera Utara, Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan. 12(1), 246–252. https://doi.org/10.55081/jsbg.v12i3.2999
Ahmad, H. (2022). MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. … Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 104–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20917
Aloysius, S., & Salvia, N. (2021). Analisis Kesehatan Mental Mahasiswa Perguruan Tinggi X Pada Awal Terjangkitnya Covid-19 di Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.962
Arindi, M., Rachmawati, T. S., & Perdana, F. (2023a). Aktivitas Berbagi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Literasi Fisik Anak Usia Dini Studi Kasus di motoricshool Halo Kids Indonesia. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 62–74. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.7368
Arindi, M., Rachmawati, T. S., & Perdana, F. (2023b). Media Sosial Sebagai Wadah Berbagi Pengetahuan Literasi Fisik Anak Usia Dini di Halo Kids Indonesia. Pustakaloka, 15(2), 327–343. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v15i2.7088
Bachtiar, F., Wibisono, H., Kurniawan, A., & Dzakira, F. S. (2024). Bachtiar, F., Agustiyawan, A., Wibisono, H., Kurniawan, A., Adriani, A., & Dzakira, F. S. (2024). Gerakan Literasi Fisik Anti Malas Bergerak di Sekolah Master Indonesia. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 405-415. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.4300.
Balyi, I., Way, R., & Higgs, C. (2020). Physical Literacy. In Long-Term Athlete Development. Page Range: 33–48 https://doi.org/10.5040/9781492596318.ch003
Cahyani, D. I., Kartasurya, M. I., & Rahfiludin, M. Z. (2020). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam Perspektif Implementasi Kebijakan (Studi Kualitatif). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 10. https://doi.org/10.26714/jkmi.15.1.2020.10-18
Doherty, A. M., & Gaughran, F. (2014). The interface of physical and mental health. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 49(5), 673–682. https://doi.org/10.1007/s00127-014-0847-7
Donatila Mano S, Agnes Marcella, Yohanes Firmansyah, & Alexander Halim Santoso. (2023). Peningkatan Pemahaman dan Kewaspadaan Masyarakat akan Penyakit Arteri Perifer. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(2), 31–40. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.337
Fadilah, N., & Sefrina, L. R. (2022). Hubungan Pola Makan, Asupan Kebisaan Makan, Dan Aktifitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar : Literature Review. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 7(3), 200. https://doi.org/10.30829/jumantik.v7i3.11500
Fadillah, Z. I. (2024). Pentingnya kesehatan mental karyawan di tempat kerja terhadap kinerja karyawan. JBK Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 38–45. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jbk
FATIMAH. F. (2023). Perpustakaan Sebagai Pusat Kesehatan Mental. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/mj.v5i2.7037
Gandhi, R. (2024). Mental health and physical well being: A correlation. International Journal of Advanced Psychiatric Nursing, 6(1), 80–82. https://doi.org/10.33545/26641348.2024.v6.i1b.149
Handayani, B., Moedjiherwati, T., Jl, A., Taktakan, R., Komp, J., Jaya, M., Km, N., & Taktakan, K. (2024). Studi Fenomenologi Gaya Hidup Sehat dan Strategi Pencegahan Stunting di Wilayah Perdesaan Universitas Bhakti Kencana Serang , Indonesia yang memadai , terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan , yaitu sejak konsepsi hingga usia. 144–164. https://doi.org/https://doi.org/10.59680/medika.v2i4.1591
Hasibuan, A. R., Pasaribu, A. F., Alfiyah, S., Utami, N., Rahma, N., & Harahap, Y. (2024). Peran Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pola Hidup Sehat di Era Digital. 13(001), 305–318. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1515
Hayulita, S., Bahasa, A., & Sari, A. N. (2018). Faktor Dominan Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Lansia. Afiyah, 5(2), 42–46. https://www.ejournal.umnyarsi.ac.id/index.php/JAV1N1/article/view/172
I Gusti Ayu Putu Satya Laksmini, D. M. A. D. J. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35966/ilkes.v14i1.260
Jannah, M., Wanti, M. W., Muhaimin, R., & Retnowati, E. (2024). Pengembangan Mutu Jasmani Melalui Senam Sehat Untuk Meningkatkan Kebugaran Fisik Masyarakat Desa Pasinan Kecamatan Lekok Pasuruan. 1(12), 2311–2318. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/2wf47v82
Kurniasih, H., Purnanti, K. D., & Atmajaya, R. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Penyakit Tidak Menular (Ptm) Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 60. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.1520
Musayaroh, S., Pebrianti, R., & Sidik, S. A. (2023). Kesulitan Orangtua dan Guru Setelah Anak Berkebutuhan Khusus Kembali Belajar di Sekolah Pasca Pandemi Covid-19. 7(1), 79–84. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i1.683
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Nisa Audina Agustina, S. (2024). Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 321–333. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/2998
Pradono, J., & Sulistyowati, N. (2014). Hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan tentang kesehatan lingkungan, perilaku hidup sehat dengan status kesehatan (studi korelasi pada penduduk umur 10-24 tahun di Jakarta Pusat). Buletin penelitian sistem kesehatan, 17(1), 89-95. https://media.neliti.com/media/publications-test/20885
Rachman, A., & Verawati, I. (2022). Pentingnya Dukungan Orang Tua Dalam Penguatan Literasi Berbasis Pembiasaan Bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 67–76. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.3181
Rachmat, I. F. (2018). Pengaruh Kelekatan Orang Tua Dan Anak Terhadap Penggunaan Teknologi Digital Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(1), 14-29. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/546/433
Rahma, A., & Cahyani, S. (2023). Analisa Hubungan Antara Rasa Syukur Terhadap Kesehatan Mental Remaja di Banjarbaru. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 664–679. https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.783
Rudianto, Z. N. (2022). Pengaruh Literasi Kesehatan Terhadap Kesadaran Kesehatan Mental Generasi Z Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 57. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2843
Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., Triwanvi, S., Mulyana, A., Wetan, C., Cileunyi, K., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44–56. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2108
Monica, D., Saragih, I. P. S. B., Basri, H., & Harahap, D. S. H. (2024). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Dalam Menciptakan Lingkungan Sehat Di Sekolah Dasar As-Shofa Pekanbaru Riau. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 12(3), 291-299, https://doi.org/10.55081/jsbg.v12i3.3003
Sholihah, N. A., Fitriah, F., Ilham, A., Kurniawan, R., Prihasti, N., Safriandi, S., ... & Indiastuti, D. (2025). Peran Penting Promosi Kesehatan dalam Pencegahan Penyakit Kronik. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 3(1), 01-08. https://doi.org/10.55606/detector.v3i1.4773
Sinambela, C. M. . (n.d.). Berlatih Mindfulness Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental. 1–12.
Siregar, M. R. B., Angelina, A. D., Maisarah, M., Annisa, L., Mardianto, M., & Haidir, H. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Tsnawiyah Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237
Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69-77. https://doi.org/10.70109/jupenkes.v1i1.10
Wahyudi, R. (2021). Physical literacy on the global agenda. Prospects, 50(1–2), 1–3. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09524-8
Wahyuni, A., & Sari Kurnia, O. (2014). Hubungan Self Caredan Motivasi dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Jantung. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v2(n2), 108–115. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n2.5
Whitehead, M. (2001). The Concept of Physical Literacy. European Journal of Physical Education, 6(2), 127–138. https://doi.org/10.1080/1740898010060205