UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI

  • Fajar Siddiq Siregar Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Muhammad Syaleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: Hasil Belajar Smash, Gaya mengajar Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Smash dalam permainan bola voli melalui gaya mengajar inklusi pada siswa X SMA Muhammadiyah 2 MedanTahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar inklusi terhadap hasil belajar Smash dalam permainan bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Smash bola voli, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Inklusi dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar Smash bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I diperoleh 12 orang (37,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 orang (62,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. (2) dari tes hasil belajar Siklus II diperoleh 17orang (84,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (15,63%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat  dikatakan bahwa melalui gaya  mengajar inklusi meningkatkan hasil belajar Smash dalam permainan bola voli pada siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 MedanTahun ajaran 2015/2016

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmajaya, D. (2016). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pedagogik Olahraga, 2(2), 20-29.
Haris, A., & Ghazali, M. I. (2016). Implementation of teaching physical education teachers apply mutual adaptation approach in junior high school in Makassar, Indonesia. International Journal of Academic Research and Development, 1(5), 77-84.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar, M. I. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Drill Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(2).
Kholik, A. (2018). UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLLEY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 KARANGKEMOJING. Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif, 1(1), 23-32.
Parlindungan, D. P. (2018). MANFAAT MODEL LATIHAN OFFENCE PADA PERMAINAN BOLAVOLI. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 229-236.
Prayoga, A. S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Jurnal Sportif, 2(1), 1-12.
Raswin, R., & Aulia, R. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Bola Karet. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 68-77.
Rifán, M., & Tengah, P. S. (2013). Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Loncatan Vertikal Smash Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 1(1), 1-14.
Sanur, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VI SDN Batokerbuy 2 Tahun Ajaran 2015/2016. JOURNAL OF SPORTIF, 2(1), 93-100.
Sitorus Pane, B. (2014). UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PEMBERIAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA MAHASISWA JURUSAN PKO REG. B ANGKATAN 2010 FIK-UNIMED 2012. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(01), 66-78.
Syiroj, A., Sunarno, A., & Dewi, R. (2017). Perbedaan Gaya Mengajar Dan Motor Educability Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas Xi Man Rantauprapat. Jurnal Pedagogik Olahraga, 3(1), 15-31.
Published
2019-10-17
How to Cite
Siregar, F. S., & Muhammad Syaleh. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI . Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 55-60. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i2.286