Pemahaman Atlet Pencak Silat Terate Muda Satui Terhadap Peraturan Silat Terbaru Kategori Tanding Tahun 2022
Abstract
Peraturan terbaru silat pada tahun 2022 berbeda dengan peraturan lama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman atlet pencak silat terate muda satui tentang peraturan terbaru kategori tanding. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian berjumlah 14 atlet Terate Muda Satui kategori tanding tingkat remaja dan dewasa, yang terdiri 11 orang atlet laki-laki dan 3 orang atlet perempuan, di kabupaten Tanah Bumbu. Teknik pengumpulan data berupa pengisian angket tertutup. Skala yang dipakai adalah skala Guttman, yaitu skala yang menyediakan dua jenis jawaban secara tegas. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner yang digunakan dalam penelitian yang sudah di validasi oleh penilaian ahli. Teknik analisis data yang akan digunakan oleh peneliti ialah dengan teknik analisis kuantitatif dengan penghitungan data statistik menggunakan aplikasi teknologi SPSS, excel dan perhitungan manual pada perhitungan hasil akhir. terbaru di tingkat kabupaten atau diatasnya. Kuesioner penelitian dengan 20 pertanyaan pilihan ganda, memiliki 4 buah indikator, yaitu ketentuan point serangan, ketentuan teknik jatuhan, ketentuan pelanggaran bertanding, dan ketentuan larangan. ketentuan teknik jatuhan 55,35% dan ketentuan larangan 42,85%. Sub indikator dalam kriteria Baik antara lain, ketentuan pelanggaran bertanding 75%. Sub indikator yang memiliki pemahaman dalam kriteria Sangat Baik hanya satu yaitu sub indikator ketentuan point serangan 87,01%.
Downloads
References
Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri. Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Saat Bertanding AAtlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati, 19(September), 164–174.
Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat. Panggung, 29(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v29i3.1014
Fauzan, L. A., & Dirgantoro, E. W. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Pplp Kalimantan Selatan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 80. https://doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3729
Heri Retnawati. (2015). Teknik Pengambilan Sampel. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Iswanto, T., & Achmad, R. W. (2018). Tingkat Pemahaman Atlet Terhadap Peraturan Pertandingan Pencak Silat Kategori Tanding Hasil Munas Ipsi Tahun 2012 ( Studi Pada Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Surabaya ). Jurnal Prestasi Olahraga, 1(2), 1–8.
Lestari, S. A., & Heryanto, N. M. (2014). Survei Pemahaman Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bidang Studi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Se Kecamatan Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014, 584 - 590, 02, 584–590.
Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat : Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, Pemeliharaan Kesehatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18(2), 121. https://doi.org/10.25077/jantro.v18i2.62
Mufarriq, M. U. (2021). Revilitasi Nasionalime Pemuda Melalui Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 37. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10074
Mujahid, H., & Subekti, N. (2021). Analisis Taktik Pertandingan Pencak Silat Kategori Tanding. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 123–136. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.693
Muktiani, N. R. (2014). Identifikasi Kesulitan Belajar Dasar Gerak Pencak Silat Pada Mahasiswa Pjkr Bersubsidi Di Fik Uny. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(April), 23–29.
Nopitasari, A. D., & Wahyudi, A. R. (2022). Tingkat Pemahaman Atlet Pencak Silat Usia Dewasa Kategori Tanding Di Ipsi Ponorogo Terhadap Peraturan Pertandingan Pencak Silat 2016. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(5), 1–6.
Parnabhakti, L., Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2021). Persepsi Peserta Didik Pada Media Powerpoint. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(1), 18–25.
Pratama, R. Y. (2018). Perkembangan Ikatan Pencak Silat Indonesia (Ipsi) Tahun 1948-1973. E-Journal Pendidikan Sejarah, 6(3), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/25420
Purnia, D. S., Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942
Rahmani, M. (2022). Media Audio Visual Berkontribusi terhadap Motivasi dan Minat Belajar PENJASKES di Era Pendemi Covid-19. Jurnal Patriot, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.824
Saleh, M., Bachtiar, B., Maulana, F., Hermawan, D., & Hakim, F. N. (2024). Pemberdayaan Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi Peraturan Pertandingan Pencak Silat Tahun 2022 Di Unit Kegiatan Mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1873. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21796
Suprianto, I. W., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831










