PERILAKU POLA HIDUP SEHAT SISWA USIA SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini bersumber dari kenyataan bahwa siswa usia sekolah dasar memiliki jumlah siswa yang tidak mempraktekkan perilaku hidup sehat. Objektif penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan perilaku hidup sehat siswa usia sekolah dasar meliputi perilaku menjaga kesehatan diri, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, makan jajanan yang bersih dan sehat, menggunakan jamban yang bersih, berolahraga secara teratur, pemberantasan jentik nyamuk, menimbang diri, dan banyak lagi. Bentuk penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan seperti apa faktor, gejala, atau situasi tertentu. Purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel populasi yang berjumlah 50 siswa usia sekolah dasar. Responden diberikan kuesioner untuk diisi, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi atau pendekatan persentase. Kajian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat siswa usia sekolah dasar dengan persentase 68,71% berada pada kategori cukup, sesuai dengan temuan penelitian yang dilakukan di siswa usia sekolah dasar tentang kajian perilaku hidup bersih dan sehat siswa di sekolah pada umumnya. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk perbaikan karena siswa masih belum mempraktekkan kebiasaan hidup sehat di sekolah.
Downloads
References
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18–28.
Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269.
Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan program uks dengan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar di kecamatan kedung kandang kota malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15–23.
Febrianta, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas Iv Dan V Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Keolahragaan, 1(1), 1–9.
Haryanti, I., Febrianta, Y., & Nugroho, A. (2018). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Berbasis Video Pada Pembelajaran 5 Untuk Kelas Ii Sekolah Dasar. Jemani (Jurnal Pendidikan Jasmani), 1(02), 170–178.
Hidayat, K. (2020). Peran usaha kesehatan sekolah (UKS) sebagai proses prilaku hidup bersih dan sehat peserta didik. Universitas Negeri Padang.
Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni, S. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multi situs di SD negeri 6 Mataram dan SD negeri 41 Mataram kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 492–498.
Mardhiati, R. (2019). Guru paud: pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak usia dini. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), 133–141.
Messakh, S. T., Purnawati, S. S., & Panuntun, B. (2019). Gambaran perilaku hidup bersih dan sehat siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bancak. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 136–145.
Rahmat, A., Smith, M. Bin, & Rahim, M. (2015). Perilaku hidup sehat dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 113–122.
Wahana, S. (2018). Hubungan Hidup Bersih dan Sehat dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X di SMAN 2 Lamongan. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 3(2), 103–111.
Wahyudi, I., Simanjuntak, V., Bafadal, M. F., & Wardhani, R. (2023). PENERAPAN POLA HIDUP SEHAT DALAM PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA MAS KHULAFAUR RASYIDIN. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 81–86.