UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PENGGUNAAN MODIFIKASI BOLA KELAS VII SMPN 3 TONDANO KABUPATEN MINAHASA

  • Musdalifah Ramli Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Ansar CS Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Edita A. M. Pinangkaan Universitas Negeri Manado, Indonesia
Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif, passing bawah

Abstract

Meningkatkan hasil belajar merujuk pada upaya meningkatkan pencapaian siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, pemahaman, dan kompetensi dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas VII di SMPN 3 TONDANO melalui penggunaan modifikasi bola dalam pembelajaran bola voli. Metode Penelitian menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII di SMPN 3 TONDANO selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil belajar siswa dari 19 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 68 hanya 5 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas, dan meningkat pada siklus I menjadi 9 siswa tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa sudah mencapai KKM 68 sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut mencapai 100% siswa yang tuntas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansar, C. S., & Sahruni, A. Y. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik di Kecamatan Wara Kota Palopo: Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v9i1
Ariyantara, A. B. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Siswa Pembelajaran Permainan Bola Basket the Influences Factors of Students Perception in Vii Grade of Smp Negeri 4 Wates in Learning Basketball. 5 (6), 1–8.
Ferawati, F., & Mashud, M. (2022). Gaya Mengajar Inklusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bolo Voly Siswa Kelas VII. Jurnal Patriot, 4(4), 273–286. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.870
Ginting, M. N. B., & Helmi, B. (2021). Peran Model Pembelajaran Example Nonexample Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 88-94.
Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40. https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Nurul Fatul Janah. (2018). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas V Di Sd Seropan. September, 160–164.
Nuzul Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Progress in Retinal and Eye Research, 6(1), 45–53.
Prasticia, A., Soegiyanto, S., & Rahayu, S. (2020). The Effect of Drill Exercise Methods and Eye Coordination on Forearm Passing Skills of Volleyball. Journal of Physical Education and Sports, 9(2), 195–200. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/41534
Rahasia, M. S., Lengkong, J., & Sengkey, J. (2021). Pengaruh Gaya Komando terhadap Gerak Dasar Servis Atas pada Permainan Bola Voli. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.53682/pj.v2i1.1018
Sara, I. A., & Mashud. (2016). Penerapan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X Di SMK Grafika PGRI-Pakis. Jurnal Multilateral, 15, 154–159. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2743
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Syahruddin, S., & Suyuti, A. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan dan Gaya Komando terhadap Keterampilan Passing Atas Bola Voli. Jurnal Pedagogik Olahraga, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4505
Zulkarnain, F., Astuti, A. T., Hidayat, T. A. S., Ariyanto, B., & Misrodin, M. (2022). Pengaruh Latihan Defense Defense Drills terhadap Hasil Receive Smash dalam Olahraga Bola Voli pada Atlet Klub Bintang Muda Kec. Bandar Sribawono. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 538–546. https://doi.org/10.5281/zenodo.70082
Published
2023-10-06
How to Cite
Musdalifah Ramli, Ansar CS, & Edita A. M. Pinangkaan. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PENGGUNAAN MODIFIKASI BOLA KELAS VII SMPN 3 TONDANO KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 161-170. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i2.1143