KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS

  • Muhammad Syaleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Ade Evriansyah Lubis Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Boby Helmi Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: Gaya Mengajar Resiprokal; Renang Gaya Bebas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar renang gaya bebas dalam mata kuliah Teori dan Praktek Renang I dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal pada mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna sebanyak 30 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PendidikanJasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna kelas B Tahun 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan tujuh kali pertemuan terdiri dari dua siklus, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata mahasiswa dalam pembelajaran renang gaya bebas pada tes awal 60 atau 36.67% mahasiswa yang tuntas, dan 63.34% mahasiswa yang tidak tuntas. Pada siklus I hasil rata-rata mahasiswa 70 atau 60% mahasiswa tuntas, dan 40% mahasiswa yang tidak tuntas. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus I, hasilnya rata-rata 80 atau 90% mahasiswa tuntas dan 10% mahasiswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan penerapan gaya mengajar resiprokal hasil belajar renang gaya bebas meningkat, (2) dengan penerapan gaya mengajar resiprokal yang diterapkan melalui alat bantu pelampung dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Yusuf. (1997). Strategi Instruksional Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PPs IKIP Jakarta.
Kemmis, Stephen. Robbin, McTaggart. (1988). The Action Research Planner. 3rd ed. Victoris Deakin University.
Madya, Suwarsih. (2006). Penelitian Tindakan. Bandung: CV. Alfabeta Bandung.
Maglischo, Ernest. W. (2003). Swimming Fastest. Canada: Human Kinetics.
Mosston, Muska. (2000). Teaching Physical Education. Columbus: Charles E and Merril Publishing Company.
Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Thomas, David G. (1996). Renang Tingkat Pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2019-03-31
How to Cite
Syaleh, M., Lubis, A. E., & Helmi, B. (2019). KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 30-39. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i1.11