PKM Pelatihan Senam Kardio Dalam Meningkatkan VO2max pada Pemain SSB Syekh Yusuf U_17 Kabupaten Gowa

  • Irfan Universitas Negeri Makassar
  • La Kamadi Universitas Negeri Makassar
  • Ramli Universitas Negeri Makassar
  • M Imran Hasanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Achmad Karim Universitas Negeri Makassar
Keywords: Senam, Kardio, VO2max

Abstract

Masalah pengabdian kepada masyarakat ini, adalah sebagai berikut: 1) Pemain SSB Syekh Yusuf belum mengetahui senam kardio dalam meningkatkan VO2max. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan (teoritis) bagi pemain tentang senam kardio dalam meningkatkan VO2max. 2) untuk dapat meningkatkan keterampilan bagi pemain tentang senam kardio dalam meningkatkan VO2mas dalam permainan sepakbola usia dini. Kegiatan program pengabdian kepada asyarakat ini dibagi atas dua kegiatan yaitu: 1) kegiatan penjelasan secara teori dilakukan selama satu hari yaitu menjelaskan cara pelaksanaan senam kardio dalam meningkatkan VO2max, dan 2) kegiatan praktek, dilakukan selama 5 hari untuk mempraktekan secara langsung senam kardio dalam meningkatkan VO2max. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa: 1) peserta dapat menerima materi dengan semangat dan kemauan yang antusias, sehingga dapat diserap oleh pemain dengan baik dan mampu dipraktekan dengan baik. 2) motivasi peserta cukup tinggi mengikuti pelatihan senam kardio dalam meningkatkan VO2max. 3) peserta menyadari bahwa materi yang diberikan merupakan tambahan pengetahuan dan keterampilan yang sangat bermanfaat bagi mereka untuk melakukan peningkatan prestasi olahraga sepakbola pada jenjang usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-10
How to Cite
Irfan, La Kamadi, Ramli, M Imran Hasanuddin, & Achmad Karim. (2024). PKM Pelatihan Senam Kardio Dalam Meningkatkan VO2max pada Pemain SSB Syekh Yusuf U_17 Kabupaten Gowa. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 4(2), 272-281. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i2.2589

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>