Improving Students’ Vocabulary Mastery Of Phrasal Verbs And Self Confidence By Using Word Wall Technique
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik Word Wall dalam meningkatkan penguasaan kosakata phrasal verbs dan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan teknik Word Wall, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan teknik Word Wall. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-9 dan 25 siswa kelas VIII-11 yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes penguasaan kosakata phrasal verbs dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengukur perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik Word Wall mengalami peningkatan penguasaan kosakata phrasal verbs yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah (88,85) sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata (9130). Analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung melebihi nilai kritis t-tabel (9,9021) untuk derajat kebebasan, yaitu (53) pada taraf signifikansi (0,067) yang menegaskan bahwa teknik word wall memiliki pengaruh positif yang signifikan secara statistik. Selain itu, teknik Word Wall juga terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan. Dengan demikian, penggunaan Word Wall dapat dianggap sebagai strategi yang efektif dalam mengajarkan kosakata dan mengembangkan rasa percaya diri siswa.
Downloads
Copyright (c) 2025 Nazliya Indriyani Wulan Nova, Siti Aminah Hasibuan, Nurmayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





