Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar : Studi Literatur

  • Nurmayana Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Noviyanti Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Imanudin Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: pembelajaran, Bahasa, permainan, motivasi belajar

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris memiliki peran penting dalam membekali siswa untuk menghadapi tantangan komunikasi global. Namun, rendahnya motivasi siswa menjadi salah satu kendala utama dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pembelajaran bahasa Inggris berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari database akademik seperti Google Scholar dan ResearchGate. Fokus penelitian adalah pembelajaran bahasa Inggris berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris berbasis permainan seperti Total Physical Response (TPR), permainan seperti Zepeto  permainan papan, permainan roda berputar, permainan menebak dan platform seperti Educaplay  memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan Bahasa Inggris. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris berbasis permainan menjadi solusi efektif untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran bahasa Inggris, sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-17
How to Cite
Nurmayana, Noviyanti, & Imanudin Siregar. (2025). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar : Studi Literatur. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(4), 1444-1450. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i4.3719