Pengaruh Permainan Rintangan Bola Target (Rinbolget) Terhadap Keterampilan Lempar Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas permainan RINBOLGET terhadap keterampilan lempar pada siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan lempar siswa yang diukur sebelum dan sesudah mengikuti latihan permainan rinbolget. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII di SMPN 7 Samarinda dengan populasi yang berjumlah 229 siswa. teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Instrument penelitian ini adalah tes lemparan papan target yang telah memenuhi kriteria tes yaitu valid dan reliabel. Hasil dari penelitian uji T Nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok variabel awal dengan variabel akhir. Rata-rata N-gain sebesar 0,3479 menunjukkan bahwa nilai tersebut termasuk dalam kategori "rendah". Sedangkan jika dilihat pada nilai N-Gain persen, nilai rata-rata sebesar 34.7860%, sehingga disimpulkan bahwa nilai N-Gain dalam persen termasuk dalam kategori “tidak efektif”. Dapat disimpulkan Permainan rinbolget secara signifikan meningkatkan keterampilan lempar siswa meskipun efektivitasnya tergolong rendah dan tidak efektif. Saran bagi peneliti lain adalah Tingkatkan frekuensi dan variasi latihan rinbolget untuk meningkatkan efektivitas dalam mengembangkan keterampilan lempar siswa lebih optimal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ahmad Faisal, Julianur Julianur, Januar Abdilah Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.