Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah kompetensi kunci yang perlu dikembangkan pada siswa SD. Namun, praktik pembelajaran tradisional sering kali kurang mendorong perkembangan keterampilan ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran aktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Kami ingin menentukan apakah penggunaan pendekatan ini dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan merumuskan argumen secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mendapatkan pembelajaran dengan metode aktif mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan temuan ini, metode pembelajaran aktif dapat dianggap sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Penerapan metode ini di lingkungan pendidikan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang esensial untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan mereka.
Downloads
Copyright (c) 2023 Rabina Rabina Fajra, Ahmad Syachruroji, Siti Rokmanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





