Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar

  • Selvi Nabila Muliawati Selvi Universitas sultan ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Keterampilan Sosial, Kolaboratif, Peserta Didik

Abstract

Keterampilan sosial merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam kehidupan ini, karena hampir semua perilaku yang ada di lingkungan sekitar menunjukkan adanya kerjasama dengan semua lapisan orang tanpa memandang perbedaan. Jadi, memilih pendekatan, taktik, dan metodologi pembelajaran yang berbeda sangatlah penting. Sebuah strategi yang disebut pembelajaran kolaboratif dapat membantu peserta didik belajar dengan lebih efektif, terutama dalam hal keterampilan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran kolaboratif mempengaruhi keterampilan sosial peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti berperan sebagai alat utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran kolaboratif akan membuat peserta didik yang memiliki keterampilan sosial yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-29
How to Cite
Selvi, S. N. M., Ahmad Syachruroji, & Siti Rokmanah. (2023). Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 130-135. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1465