Peran Guru Sebagai Role Model Dalam Peningkatan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Anissa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Peran guru, Role Model, Moral

Abstract

Di era globalisasi nyatanya tantangan yang dihadapi tidak hanya teknologi tetapi moral juga turut menjadi perhatian dan pengawasan dalam pembentukan generasi mendatang. Namun sayangnya generasi muda saat ini telah mengalami kemerosotan moral yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu dibutuhkan pendidikan melalui perantara seorang guru dalam proses pembentukan serta peningkatan moral bagi peserta didik sekolah dasar. Pada artikel ini akan dibahas mengenai peran guru sebagai role model dalam peningkatan moral peserta didik sekolah dasar. Pembuatan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai role model/panutan/suri tauladan yang baik dalam upaya peningkatan moral peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif, yakni peneliti akan menggambarkan bagaimana peran guru sebagai role model, yang mana didukung dengan hasil wawancara dan observasi peneliti dengan partisipan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, nyatanya terdapat beberapa kegiatan, aktivitas, serta kebiasaan yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan moral peserta didik. Seperti halnya kebiasaan mengucapkan salam, berbicara halus dan sopan, kegiatan rutin mengaji bersama dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-29
How to Cite
Anissa, Ahmad Syachruroji, & Siti Rokmanah. (2023). Peran Guru Sebagai Role Model Dalam Peningkatan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 136-144. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1466