Pengaruh Latihan Menggunakan Penghalang Terhadap Keterampilan Pointing Dengan Metode Drill Ukm San Agustin Petanque Club
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh latihan menggunakan penghalang terhadap keterampilan pointing dengan metode drill di UKM San Agustin Petanque Club, Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Penelitian menggunakan desain eksperimen pre-eksperimen One Group Pretest Posttest Design dengan melibatkan 15 anggota UKM yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan postest untuk menilai kemampuan teknik pointing. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dengan penghalang memiliki efek positif yang signifikan terhadap hasil pointing dalam olahraga petanque (sig = 0,001 < 0,05). Temuan ini menolak hipotesis nol yang menyatakan tidak ada perbedaan, dan menerima hipotesis alternatif yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah latihan. Implikasi dari hasil ini adalah pentingnya mengintegrasikan metode drill dengan penghalang dalam program latihan untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam olahraga petanque. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan teoritis tentang pengaruh metode latihan khusus dalam konteks olahraga tertentu.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mangat Wicipta, Pebrianus Hendri, Jayadi Jayadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.