Peran Kids' Athletics dan O2SN terhadap Perkembangan Minat dan Motivasi Siswa dalam Aktivitas Olahraga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Atletik Kids dan O2SN terhadap perkembangan minat dan motivasi siswa dalam berolahraga di Kecamatan Tamanan. Hasil menunjukkan bahwa perkembangan minat siswa dalam mengikuti olahraga mencapai nilai 4,31, yang dikategorikan sebagai sangat tinggi atau sangat baik. Namun, motivasi siswa untuk berolahraga berada pada kategori yang bervariasi, di mana 6% termasuk dalam kategori sangat kurang, 16% kurang, 41% cukup, 28% tinggi, dan 9% baik sekali. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa motivasi siswa, berdasarkan dua faktor, yaitu intrinsik dan ekstrinsik, memiliki persentase masing-masing 80,98% dan 75,87%, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun minat siswa tinggi, masih terdapat tantangan dalam motivasi berolahraga yang perlu diatasi. Oleh karena itu, pengembangan program yang lebih menarik dan mendukung diperlukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berolahraga di Kecamatan Tamanan.
Downloads
References
Akbaruddin, A. (2018). Pengaruh Kids’ Athletics Terhadap Self-Esteem Dan Kebugaran Jasmani (Studi Expost Facto Pada Siswa Sekolah Atletik Pajajaran). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 75–94.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bollók, S., Takács, J., Kalmár, Z., & Dobay, B. (2011). External And Internal Sport Motivations of Young Adults. Biomedical Human Kinetics, 3, 101–105.
Dwi Kurniawan, D. (2023). Model Pembelajaran Atletik Berbasis Pemecahan Masalah Dan Inklusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar, Berpikir Tingkat Tinggi Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Universitas Negeri Yogyakarta.
Effendi, H. (2016). Peranan Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1.
Firdaus, K. (2012). Psikologi Olahraga Teori Dan Aplikasi.
Hermanto, R. P. P. (2017). Motivasi Siswa Kelas Olahraga Mengikuti Latihan Di Smp Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Yogyakarta.
Inayah, S. F., & Nurrochmah, S. (2021). Gerak Dasar Kids Atletik Pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sukun Kota Malang. Sport Science and Health, 3(6), 392–398.
Jonasson, K. (2013). Sport Has Never Been Modern. Acta Universitiatis Gothoburgensis.
Kemdikbud. (2024). Mengenal O2SN. Kementerian Pendiidikan Dasar Dan Menengah, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis Dan Pariwisata. https://bbppmpvbispar.kemdikbud.go.id/portal/mengenal-o2sn/
Lumpkin, A. (2016). Introduction to Physical Education, Exercise Science & Sport (10th ed.). McGraw-Hill.
Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting Theory of Motivation. International Journal of Management, Business, and Administration, 15(1), 1–6.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (First Edition). Unesa University Press.
Putri, D. J., Angelina, S., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 49–53.
Rumini. (2014). Pembelajaran Permainan Kids’ Atlhletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik Pada Anak-Anak. Journal of Physical Education, Health and Sport, 1(2), 98–107.
Rusmadi, Razali, & Rinaldy, A. (2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Unsyiah, 2(2), 90–99.
Salsabilla, A., & Jatmiko, T. (2021). Perbandingan Pemahaman Dan Kompetensi Instruktur Kebugaran Lulusan FIO Dan Non FIO Tentang Kondisi Fisik. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 4(2), 19–28.
Santrock, J. W. (2012). Live Span Developmen, Alih Bahasa: Achmad Chusairi, Perkembangan Masa Hidup (5th ed.). Erlangga.
Shofwan, F., & Ghani, M. Al. (2024). Hasil Kebugaran Jasmani Siswa (Studi Eksperimen tentang Materi Kebugaran Jasmani pada Siswa SMP Kelas VIII). Transformasi Pembelajaran Digital Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermutu Dan Berakhlaqul Karimah, 2033–2038.
Sipahutar, S. A. (2024). Peran O2sn Terhadap Perkembangan Minat Siswa Mengikuti Olahraga Di Sdn Se-Kecamatan Danau Teluk. Universitas Jambi.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sobur, A. (2013). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah (1st ed.). CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2017). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Yuliawan, E. (2023). Identifikasi Bakat Olahraga Dengan Metode Sport Search Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 478–494.
Copyright (c) 2024 Moch. Saleh, Donny Setiawan, Marki Sandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.