Manajemen Seleksi Minat Dan Bakat Siswa Pada Cabang Olahraga Atletik Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi walimurid dan penggunaan Sport Search terhadap pemilihan bakat dan minat siswa dalam cabang olahragaa tletik di SDN Sumberlesung 01 Semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: (1) siswa putra dan putri Sekolah Dasar Negeri Sumberlesung 01 Semester Genap, (2) usia 10-12 tahun, (3) Sanggup mengikuti seluruh rangkaian TKJI, dan (4) tidak dalam keadan sakit. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan tes Sport Search untuk usia 10-12 tahun. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pasrtisipasi walimurid berjalan lurus seimbang dengan bakat dan keinginan siswadi SDN Sumberlesung 01 Semester Genap tahun ajaran 2023/2024 secara keseluruhan berada pada: kategori “kurang sekali” sebesar 0% (0 siswa), “kurang” sebesar 5% (3 siswa), “sedang” sebesar 20% (7siswa), “baik” sebesar 25% (10 siswa), dan “baik sekali” sebesar 50% (20 siswa).
Downloads
References
Akhir, R., & Wulandari, F. Y. (2021). Evaluasi Cabang Olahraga Atletik PASI Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(12), 67–81.
Ansor, Z., & Pratiwi, V. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. In Jurnal Cendekia Pendidikan. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
Arifin, H. (2024). Survei Pembinaan Prestasi Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 1 Bodeh Di Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 5(1), 338–348.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aryani, N. L., & Masluhiya, S. M. (2017). Keterkaitan aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh (IMT) siswa SD Kota Malang. Jurnal Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 5(3).
Cahyo, A. N. (2019). Pengembangan Model Permainan Sirkuit Kardio Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Anak Usia 6-9 Tahun. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 11–17.
Endriani, Y., & Karneli, Y. (2020). Peran Konselor dalam Mengembangkan Bakat Siswa melalui Layanan Penempatan dan Penyaluran. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 88.
Engkos, K. (1993). Pendidikan Jasmani: Teori dan Praktek. Gelira Aksara.
Giriwijoyo, H. Y. S. S., & Zafar Sidik, D. (2010). Konsep Dan Cara Penilaian Kebugaran Jasmani Menurut Sudut Pandang Ilmu Faal Olahraga. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 2(1), 1–9.
Hakim, L. (2021). Manajemen Program Kelas Unggulan untuk Meningkatkan Citra Madrasah Tsanawiyah 1 Kabupaten Madiun. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 1–14.
Handayani, T. (2017). Evaluasi Program Kelas Khusus Olahraga Di Sma Negeri 1 Seyegan. Hanata Widya, 6(4), 7–13.
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381.
Kurniawan, A. (2021). Manajemen Kelas Khusus Olahraga Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Di Smpn@ Tempel Sleman. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–181.
Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2020). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2), 73–80.
Lutan, R. (2002). Asas-asas Pendidikan Jasmani. Depdik.
Marsanda, P., & Kurniawan, A. (2023). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa kelas X MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 12(1), 49–63.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144.
Maulida, I. Z. (2017). Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(1), 60–70.
Mulyaningsih, F., Suryobroto, A. S., Pertiwi, N. C., & Utama, A. B. (2023). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dan Pola Hidup Sehat Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga Di SMP Negeri 2 Mlati. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 29(1), 15–21.
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80.
Nurcahyo, F., & Hermawan, H. A. (2016). Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SD/MI/Sederajat di wilayah kerja kabupaten Kulonprogo Yogyakarta tahun 2015. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 93–104.
Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 185–193.
Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(1), 1–15.
Sartinah. (2008). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Perkembangan Gerak Dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(2), 62–67.
Sugiyono. (2017). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suparlan. (2013). Wawasan pendidikan: Sebuah pengantar pendidikan. Ar-Ruzzmedia.
Widiyanto, M. S., & Nurrochmah, S. (2021). Kemampuan Gerak Dasar Kids Atletik pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sport Science and Health, 3(6), 381–391.
Copyright (c) 2024 Afif Fathor Rosi, Donny Setiawan, Galih Farhanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.