Inovasi Hand Puppet Berbasis Cerita Rakyat “Lubuk Emas” Sebagai Stimulus Keterampilan Menyimak Siswa

  • Tri Kartika Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Try Wahyu Purnomo Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Fajar Sidik Siregar Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Putra Afriadi Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairul Usman Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Media Hand Puppet, Cerita Rakyat, Keterampilan Menyimak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media hand puppet berbasis cerita rakyat “Lubuk Emas” sebagai stimulus keterampilan menyimak siswa di SDN 104185 Sei Semayang. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinilai sangat baik oleh ahli materi dengan skor rata-rata 4,4, sangat baik oleh ahli media dengan skor rata-rata 4,8, dan sangat praktis oleh praktisi pendidikan dengan skor rata-rata 4,7. Uji efektivitas dilakukan melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 27 siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan menyimak siswa, dengan rata-rata pretest sebesar 38 dan posttest sebesar 88. Tingkat Ketuntasan meningkat dari 7,41% menjadi 1%, dan seluruh peserta didik mencapai nilai di atas KKTP setelah menggunakan media. Dengan demikian, media hand puppet berbasis cerita rakyat “Lubuk Emas” dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai stimulus keterampilan menyimak di kelas I sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-03
How to Cite
Kartika, T., Purnomo, T. W., Siregar, F. S., Afriadi, P., & Usman, K. (2025). Inovasi Hand Puppet Berbasis Cerita Rakyat “Lubuk Emas” Sebagai Stimulus Keterampilan Menyimak Siswa . Jurnal Dunia Pendidikan, 6(3), 946-961. https://doi.org/10.55081/jurdip.v6i3.4590

Most read articles by the same author(s)