Analisis Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi di Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah

  • Kamarudin Kamarudin Universitas Tadulako
  • Abdul Rahman Universitas Tadulako
  • Syech Zainal Universitas Tadulako
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Musamus
  • Siti Eneng Sururiyatul Mu'aziyah Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Analisis Kualitas, Mutu Pembelajaran, Mutu Perencanaan, Mutu Evaluasi, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah pada selama pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di tiga Sekolah Dasar yang dipilih melalui purposive sampling, dengan subjek seluruh guru. Instrumen dan teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan rata-rata mutu perencanaan pembelajaran sebesar 6,06; pelaksanaan 6,1; dan evaluasi 6,01. Kesimpulan dari penelitian yaitu mutu pembelajaran masih tergolong lemah, ditandai oleh rendahnya kepemilikan gawai/laptop siswa, validasi RPP yang minim dari kepala sekolah dan pengawas, aktivitas komunikasi dalam pembelajaran yang kurang, penggunaan model pembelajaran konvensional, serta tindak lanjut pengawasan yang belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-10-28
How to Cite
Kamarudin, K., Rahman, A., Zainal, S., Supriyadi, S., & Mu’aziyah, S. E. S. (2025). Analisis Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi di Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah. Jurnal Dunia Pendidikan, 6(3), 782-792. https://doi.org/10.55081/jurdip.v6i3.4489