Analisis Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi di Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Sausu, Sulawesi Tengah pada selama pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di tiga Sekolah Dasar yang dipilih melalui purposive sampling, dengan subjek seluruh guru. Instrumen dan teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan rata-rata mutu perencanaan pembelajaran sebesar 6,06; pelaksanaan 6,1; dan evaluasi 6,01. Kesimpulan dari penelitian yaitu mutu pembelajaran masih tergolong lemah, ditandai oleh rendahnya kepemilikan gawai/laptop siswa, validasi RPP yang minim dari kepala sekolah dan pengawas, aktivitas komunikasi dalam pembelajaran yang kurang, penggunaan model pembelajaran konvensional, serta tindak lanjut pengawasan yang belum optimal.
Downloads
Copyright (c) 2025 Kamarudin Kamarudin, Abdul Rahman, Syech Zainal, Supriyadi Supriyadi, Siti Eneng Sururiyatul Mu'aziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





