Peran Mahasiswa Fis Unimed Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa kampus mengajar dari setiap program pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Antropologi dan Pendidikan Geografi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini untuk mengetahui peran aktif mahasiswa FIS UNIMED dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui implementasi program kampus mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kontribusi penting dalam proses pembelajaran, baik di dalam kelas melalui perancangan rencana pembelajaran, penggunaan media interaktif, dan evaluasi hasil belajar, maupun di luar kelas melalui bimbingan belajar, kegiatan literasi kreatif, dan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Faktor pendukung seperti antusiasme siswa, dukungan guru, dan kreativitas mahasiswa berperan dalam menunjang keberhasilan program. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana, adaptasi awal dengan lingkungan sekolah, dan keterbatasan waktu pelaksanaan. Secara keseluruhan, mahasiswa FIS UNIMED menunjukkan peran aktif dan inovatif dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi siswa di sekolah penugasan.
Downloads
Copyright (c) 2025 Melisa br Sinaga, Maryatun Kabatiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





