Hubungan Aktivitas Fisik Berupa Pola Permainan dengan Kesehatan Mental Siswa SMPN 26 Surabaya
Abstract
Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja, terutama pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik yang ditinjau dari pola permainan siswa dengan kesehatan mental mereka di SMP 26 Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 64 siswa yang dipilih secara purposif berdasarkan keterlibatan aktif dalam mata pelajaran PJOK. Data dikumpulkan melalui dua instrumen kuesioner, yaitu aktivitas fisik dan kesehatan mental, dan dianalisis menggunakan korelasi Pearson serta regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara skor aktivitas fisik dan kesehatan mental siswa (r = 0,371; p = 0,003). Skor rata-rata kesehatan mental siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan, meskipun secara statistik jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan (p = 0,514). Aktivitas fisik terbukti menjadi satu-satunya prediktor signifikan terhadap kesehatan mental (B = 0,760; p = 0,011). Temuan ini menegaskan pentingnya aktivitas fisik sebagai strategi mendukung kesejahteraan psikologis siswa
Downloads
Copyright (c) 2025 Yustika Anggiana, Nanik Indahwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





