Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa

  • Nur Hidayah Huba Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
Keywords: Literasi Digital, Mahasiswa

Abstract

Di era industry 5.0 saat ini tidak dapat bantah bahwa teknologi berkembang dengan pesat dan semakin canggih. Sehingga dibutuhkan kemampuan literasi yang baik agar menghasilkan in- san yang berkualitas Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan literasi digital mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kemampuan literasi digital. Ditinjau dari 8 komponen hasil penelitian membuktikan bahwa mahasiswa memiliki kecakapan sangat baik. Komponen functional Skill and Beyond dalam kategori sangat baik 73%, komponen creativity dalam kategori sangat baik 81%, komponen collaboration dalam kategori sangat baik 65%, komponen communi- cation 92%, komponen the ability to find and select information 86%, komponen critical thinking and evaluation 75%, komponen cultural and social understanding 76%, dan komponen e-safety 70%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-10
How to Cite
Nur Hidayah Huba, & Rio Pranata. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(4), 1450-1462. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i4.2489