Implementasi Pendidikan Ekologi dalam Kurikulum TK Marie Joseph Pontianak Membentuk Karakter Anak Usia Dini sebagai Pelindung Alam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merangkul nilai-nilai keberlanjutan sejak usia dini. Dengan memasukkan pendidikan ekologi ke dalam kurikulum, TK Marie Joseph Pontianak memprioritaskan pembentukan karakter anak-anak sebagai pelindung alam. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah guru, staf dan orang tua murid TK Marie Joseph Pontianak. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan para guru dan orang tua murid dapat bahwa integrasi pendidikan ekologi dalam kurikulum melalui pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman memberikan dampak positif pada perkembangan anak-anak. Melalui kegiatan bermain, pengamatan alam, dan partisipasi dalam kebun sekolah, anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan ekologi secara teoritis tetapi juga secara praktis menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut dapat terihat dari Antusiasme anak-anak dalam kegiatan memelihara tanaman di sekolah dengan menyiram, menanam tanaman bunga dan beberapa jenis sayuran ,serta bergotong royong membersihkan halaman sekolah dan kelas. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang melibatkan interaksi langsung dengan lingkungan sekitar dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang keberagaman hayati dan pentingnya menjaga lingkungan.
Downloads
Copyright (c) 2025 Yuliana Emi, Aunurrahman, Halida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.