Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Galing
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang dalam kehidupannya. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Ada beberapa sekolah yang melakukan pengangkatan pengangkatan guru mata pelajaran penjasorkes yang bukan berdasarkan disiplin ilmu itu sendiri. Hal ini terjadi karena kurangnya tenaga pendidik yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan di Sekolah tersebut, dan ada yang beranggapan profesi guru penjasorkes sangat mudah dan bisa dilakukan oleh guru manapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru penjasorkes di sekolah menenagah pertama negeri se-kecamatan galing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni seluruh sekolah menengah pertama negeri dan MTS dikecamatan Galing. Pengambilan sampel dalam peneltian ini menggunakan Teknik sampling jenuh, dengan jumlah sampel 8 kepala sekolah dan Sembilan guru penjasorkes. Hasil penelitian persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru penjasorkes di sekolah menengah pertama negeri se-kecamatan galing yakni kompetensi kepribadian 86%, kompetensi pedagogic 85%, kompetensi profesiona 87%, dan kompetensi social 88%.
Downloads
Copyright (c) 2025 Gustian, Ahmad Atiq, Fitriana Puspa Hidasari, Mimi Haetami, Andika Triansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.