Analisis Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP 21 dan SMP 26 Pontianak Timur
Abstract
Sarana dan prasarana olahraga di sekolah memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keadaan sarana dan prasarana olahraga di SMP 21 Pontianak timur dan SMP 26 Pontianak Timur untuk mengetahui apakah mereka memenuhi standar yang ditetapkan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dengan menggunakan instrumen penelitian berupa format penilaian sarana dan prasarana. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap kondisi sarana dan prasarana olahraga di kedua sekolah tersebut. Hasil pendataan menunjukkan bahwa kedua sekolah telah memiliki sarana dan prasarana olahraga yang cukup dengan kualitas yang baik, meskipun terdapat beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan atau kurang perawatan. Keberadaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai di kedua sekolah tersebut memberikan dasar yang kuat bagi penyelenggaraan kegiatan olahraga. Namun, perbaikan dan pemeliharaan yang terus-menerus sangat diperlukan untuk memastikan agar semua fasilitas tetap berfungsi dengan baik dan aman digunakan oleh siswa. Evaluasi terus-menerus juga penting untuk meningkatkan standar fasilitas olahraga dan memberikan pengalaman olahraga yang lebih baik bagi siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana olahraga di dua sekolah tersebut cukup dengan kualitas baik.
Downloads
Copyright (c) 2025 Muhammad Fachurrozi Bafadal, Fitriana Puspa Hidasari, Robby Faturrahman, Mario Alessandro, Veronika Bintang Satya Putri Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.