Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Modifikasi Gawang Pada Peserta Didik Kelas V Di SDN 2 Nanga Beloh

  • Doran Supater Universitas Tanjungpura
  • Fitriana Puspa Hidasari Universitas Tanjungpura
  • Novi Yanti Universitas Tanjungpura
  • Andika Triansyah Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Fachrurrozi Bafadal Universitas Tanjungpura
Keywords: Modifikasi Gawang, Permainan Sepak Bola, Peningkatan Hasil Belajar, Shooting Dengan Punggung Kaki

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar shooting sepak bola pada Peserta Didik Kelas V Di SDN 2 Nanga Beloh melalui modifikasi gawang dalam pembelajaran sepak bola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar shooting menggunakan punggung kaki pada permainan sepakbola melalui Modifikasi Gawang Pada Peserta Didik Kelas V Di SDN 2 Nanga Beloh. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas V Di SDN 2 Nanga Beloh yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai persentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar shooting dengan punggung kaki dalam permainan sepak bola pada peserta didik kelas V SDN 2 Nanga Beloh. Dimana peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 95% sehingga terdapat kenaikan nilai persentase sebesar 25%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar shooting dengan punggung kaki dalam permainan sepak bola pada peserta didik kelas V SDN 2 Nanga Beloh Kabupaten Sintang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-01
How to Cite
Doran Supater, Fitriana Puspa Hidasari, Novi Yanti, Andika Triansyah, & Muhammad Fachrurrozi Bafadal. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Modifikasi Gawang Pada Peserta Didik Kelas V Di SDN 2 Nanga Beloh. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(4), 1234-1246. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i4.2428

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>