Peningkatan Kemampuan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Alat Bantu Berbasis Modifikasi Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP N 4 Pontianak
Abstract
Peningkatan kemampuan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan alat bantu berbasis modifikasi pada peserta didik kelas vii di smp n 4 pontianak maka peserta didik akan lebih semangat belajar dan mampu memberikan pengetahuan dengan apa yang akan di terima pada saat belajar. Metode dengan pendekatan penelitian diskriftif kuantitatif Classroom Action Research (CAR) adalah cara menentukan bagaimana cara melakukanya dengan siklus. I maupun II kegiatan penelitian, cara memperoleh data ini dikenal sebagai metode pengumpulan data, Analisis data Dengan Penelitian Tindakan Kelas Hal ini berdasarkan Hasil penelitian yang di lakukan selama beberapa kali pertemuan maka menunjukan Pada kondisi awal diperoleh hasil ketuntasan belajar yang kurang maksimal. Pada kondisi awal hanya 6 siswa (16,66%) yang mencapai kriteria tuntas, sedangkan sisanya 30 siswa (83,33%) tidak tuntas. Pada akhir pembelajaran siklus I menjadi 26 siswa (72,22%) mencapai kriteria tuntas dan 10 siswa (27,78%) tidak tuntas. Pada akhir pembelajaran siklus II terjadi peningkatan menjadi 31 siswa (86,11%) mencapai kriteria tuntas. Sampai akhir pertemuan terdapat 5 siswa (13,89%) yang belum tuntas. Oleh karena itu disimpulkan bahwa Alat Bantu Berbasis Modifikasi dapat meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Renang Gaya Bebas VII Di SMP N 4 Pontianak.
Downloads
Copyright (c) 2025 Andreanus Silus, Ahmad Atiq, Mimi Haetami, Fitriana Puspa Hidasari, Rizki Hazazi Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.