Studi Korelasional Antara Perilaku Interpersonal Guru Dan Motivasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas IX

  • Firda Vianti Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Budiaman Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Shahibah Yuliani Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Keywords: Perilaku Interpersonal, Guru, Motivasi Belajar, IPS

Abstract

Motivasi belajar pada peserta didik adalah sebuah kekuatan yang berfungsi untuk pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menciptakan hasil yang baik. Perilaku interpersonal guru juga menjadi penting dengan pola interaksi yang terbentuk setiap harinya dapat menentukan terbentuknya lingkungan belajar yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri seperti dengan membuat kondisi kelas yang nyaman dan kondusif. Hubungan interpersonal antara guru dengan peserta didik menjadi komponen utama dari manajemen kelas. Namun sayangnya, banyak guru menghadapi masalah dalam mengelola ruang kelas yang kurang baik. Masih sering kita temui pula pada peserta didik yang belum mencerminkan memiliki motivasi belajar yang tinggi, bahkan masih banyaknya kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku interpersonal guru dengan motivasi belajar IPS peserta didik SMP Negeri 50 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data yang bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk dapat menguji hipotesis yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan searah antara perilaku interpersonal guru dengan motivasi belajar IPS peserta didik SMP Negeri 50 Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-13
How to Cite
Vianti, F., Budiaman, & Yuliani, S. (2024). Studi Korelasional Antara Perilaku Interpersonal Guru Dan Motivasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas IX. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(1), 117-130. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i1.2384