Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) di MAN2 Pontianak

  • Rahmawati Universitas Tanjungpura
  • Tomo Djudin Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Universitas Tanjungpura
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA MAN 2 Pontianak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir setiap peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrument tes dalam bentuk tes uraian yang diperoleh dari 36 peserta didik kelas XI IPA dengan masing-masing soal mengandung empat indikator kemampuan berpikir kritis yang meliputi; (a) memberikan penjelasan sederhana; (b) mengatur strategi dan taktik; (c) memberikan penjelasan lanjut; dan (d) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dilaksanakan melalui model problem based learning di MAN 2 Pontianak pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan data diperoleh yaitu kemampuan berpikir kritis sebelum pembelajaran (pretest) dengan rata-rata skor sebesar 13,7 dan mengalami peningkatan setelah pembelajaran (posttest) menjadi 20,75.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
Rahmawati, Tomo Djudin, & Hamdani. (2023). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) di MAN2 Pontianak. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 298-306. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1481