Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 45 Medan Tahun 2020

  • Irmayanti Gultom Sekolah Tinggi Olahraga & Kesehatan BINA GUNA
  • Dicky Hendrawan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: minat siswa, ekstrakurikuler olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk mengetahui minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 45 Medan Tahun 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah SMP Negeri 45 Medan dengan jumlah pemain 24 orang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode angket. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan angket/kuesioner.  Sehubungan dengan masih mewabahnya virus corona (Covid-19), penelitian yang dilaksanakan memiliki beberapa kendala antara lain: ketiadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan ketidaksediaan sebagian besar orangtua siswa untuk memberikan waktu kepada anak untuk mengisi angket yang akan disampaikan peneliti sehingga dalam penelitian ini hanya mendapati sejumlah 24 orang siswa dari sejumlah 70 orang siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa identifikasi besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 45 Medan cenderung masuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut ditunjukan dengan perincian sebagai berikut. Kategori sangat tinggi sebesar 25 %, diikuti pada kategori tinggi sebesar 8,3 %, kemudian kategori rendah sebesar 66,7 %, dan kategori sangat rendah 0 %. Hasil penelitian yang dilakukan berdasar indikator dari faktor internal dan eksternal sebagai acuan untuk mengidentifikasi besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga sehingga memperoleh hasil tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan Dana Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung. Yrama Widya

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian .Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Herry Hernawan. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universits Terbuka

Bimo, Walgito. (2010). PengantarPsikologiUmum. Yogyakarta: C.V Andi

Djaali. (2007). PsikologiPendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, S. (1991). Analisis Butir Soal Untuk Instrumen Angket, Tes & Skala Nilai Dengan Basic. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadiwinarto (2009) Psikologi (Teori dan Pengukuran). Rahman Rahim: Bengkulu

Harsuki (2003). Perkembangan Olahraga Terkini: Kajian Para Pakar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. B. (2004). PerkembanganAnak.Jakarta: Rineka Cipta. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Sekertariat Kemendikbud.

Muhibbinsyah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-05-27
How to Cite
Gultom, I., & Dicky Hendrawan. (2021). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 45 Medan Tahun 2020. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 80-87. https://doi.org/10.55081/jumper.v1i2.492

Most read articles by the same author(s)