Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 45 Medan Tahun 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk mengetahui minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 45 Medan Tahun 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah SMP Negeri 45 Medan dengan jumlah pemain 24 orang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode angket. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan angket/kuesioner. Sehubungan dengan masih mewabahnya virus corona (Covid-19), penelitian yang dilaksanakan memiliki beberapa kendala antara lain: ketiadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan ketidaksediaan sebagian besar orangtua siswa untuk memberikan waktu kepada anak untuk mengisi angket yang akan disampaikan peneliti sehingga dalam penelitian ini hanya mendapati sejumlah 24 orang siswa dari sejumlah 70 orang siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa identifikasi besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 45 Medan cenderung masuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut ditunjukan dengan perincian sebagai berikut. Kategori sangat tinggi sebesar 25 %, diikuti pada kategori tinggi sebesar 8,3 %, kemudian kategori rendah sebesar 66,7 %, dan kategori sangat rendah 0 %. Hasil penelitian yang dilakukan berdasar indikator dari faktor internal dan eksternal sebagai acuan untuk mengidentifikasi besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga sehingga memperoleh hasil tersebut.
Downloads
References
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan Dana Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung. Yrama Widya
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian .Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep Herry Hernawan. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universits Terbuka
Bimo, Walgito. (2010). PengantarPsikologiUmum. Yogyakarta: C.V Andi
Djaali. (2007). PsikologiPendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. (1991). Analisis Butir Soal Untuk Instrumen Angket, Tes & Skala Nilai Dengan Basic. Yogyakarta: Andi Offset.
Hadiwinarto (2009) Psikologi (Teori dan Pengukuran). Rahman Rahim: Bengkulu
Harsuki (2003). Perkembangan Olahraga Terkini: Kajian Para Pakar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hurlock, E. B. (2004). PerkembanganAnak.Jakarta: Rineka Cipta. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Sekertariat Kemendikbud.
Muhibbinsyah. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.