Pengaruh Latihan Small Side Game terhadap Hasil Keterampilan Dasar Permainan Handball
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Small Side Game (SSG) terhadap peningkatan keterampilan dasar handball pada mahasiswa Universitas Suryakancana. Handball merupakan olahraga beregu yang membutuhkan penguasaan teknik dasar seperti passing, dribbling, dan shooting, serta ketahanan fisik dan kecerdasan taktis. Latihan SSG dinilai efektif karena dimainkan dengan jumlah pemain dan luas lapangan yang lebih kecil, sehingga memungkinkan partisipasi aktif dan pengalaman bermain yang lebih intens. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 23 mahasiswa aktif UKM Handball Universitas Suryakancana. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan dasar handball, meliputi passing, dribbling, dan shooting. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji-t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan dasar setelah perlakuan latihan SSG. Rata-rata skor post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test, dengan nilai signifikansi < 0,05. Kesimpulannya, latihan Small Side Game efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar handball. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode latihan olahraga di lingkungan pendidikan tinggi dan dapat menjadi referensi bagi pelatih UKM olahraga.
Downloads
Copyright (c) 2025 Fazar Purnama Fazar, Taupik Rochman, Asep Ramdan Afriyuandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.
							
							

