Penerapan Pendekatan Cultularry Responsive Teaching (Crt) Pada Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Pendidikan jadi satu diantara faktor krusial pada kehidupan manusia untuk memberikan bekal kehidupan melalui sebuah pembelajaran satu diantaranya yakni pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga serta kesehatan. Namun aktifitas fisik pada anak masih kurang sehingga hal tersebut menjadi permasalahan global yakni kurangnya motivasi anak dalam kegiatan berolahraga. Oleh sebab itu dilakukan penelitian penerapan pendekatan Cultularry Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran passing permainan sepak bola. Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini diselenggarakan di SDN Babatan IV/459 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan total dua siklus. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas IV-C SDN Babatan IV/459 Surabaya. Dari penelitian ini didapatkan hasil data sebesar 120,27 dalam penyelenggaraan siklus I serta terdapat peningkatan dalam siklus II yakni menjadi 141,92 dengan persentase peningkatan sebesar 18%. Dari hasil data peningkatan motivasi belajar peserta didik tersebut bisa dilaksanakan pengambilan kesimpulan penerapan pendekatan Culturally Responcive Teaching (CRT) pada kelas IV-C SDN Babatan IV/459 Surabaya bisa menaikkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK. Berlandaskan penelitian ini dapat disarankan penerapan pendekatan CRT guna digunakan sebagai alternatif pembelajaran PJOK.
Downloads
Copyright (c) 2024 Bayu Irawan, Nanik Indahwati, Christof Advanta Taringan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.