Penerapan Pendekatan Cultularry Responsive Teaching (Crt) Pada Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Bayu Irawan PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Christof Advanta Taringan SDN Babatan IV/459 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Culturally Responcive Teaching (CRT), Motivasi, PJOK

Abstract

Pendidikan jadi satu diantara faktor krusial pada kehidupan manusia untuk memberikan bekal kehidupan melalui sebuah pembelajaran satu diantaranya yakni pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga serta kesehatan. Namun aktifitas fisik pada anak masih kurang sehingga hal tersebut menjadi permasalahan global yakni kurangnya motivasi anak dalam kegiatan berolahraga. Oleh sebab itu dilakukan penelitian penerapan pendekatan Cultularry Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran passing permainan sepak bola. Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini diselenggarakan di SDN Babatan IV/459 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan total dua siklus. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas IV-C SDN Babatan IV/459 Surabaya. Dari penelitian ini didapatkan hasil data sebesar 120,27 dalam penyelenggaraan siklus I serta terdapat peningkatan dalam siklus II yakni menjadi 141,92 dengan persentase peningkatan sebesar 18%. Dari hasil data peningkatan motivasi belajar peserta didik tersebut bisa dilaksanakan pengambilan kesimpulan penerapan pendekatan Culturally Responcive Teaching (CRT) pada kelas IV-C SDN Babatan IV/459 Surabaya bisa menaikkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK. Berlandaskan penelitian ini dapat disarankan penerapan pendekatan CRT guna digunakan sebagai alternatif pembelajaran PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-28
How to Cite
Irawan, B., Indahwati, N., & Taringan, C. A. (2024). Penerapan Pendekatan Cultularry Responsive Teaching (Crt) Pada Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(2), 425-433. https://doi.org/10.55081/jumper.v5i2.2886