Implementasi Pendekatan Taktis Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi pendekatan taktis terhadap partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas XI SMAN 1 Garut. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi siswa SMAN 1 Garut dan sampel sebanyak 40 siswa kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket partisipasi belajar siswa. Hasil prasiklus menunjukkan bahwa rata-rata nilai motivasi, konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman, dan ulangan siswa pada mata pelajaran PJOK adalah 45.9487. Dari hasil siklus, terlihat peningkatan yang signifikan pada indikator konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman, dan ulangan siswa. Nilai partisipasi siswa meningkat dari siklus I (73.032) ke siklus II (83.518) setelah implementasi pendekatan taktis dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam materi PJOK.
Downloads
Copyright (c) 2024 Yatna Agustian, Asep Angga Permadi, Z Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.