Implementasi Pendekatan Taktis Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK

  • Yatna Agustian Universitas Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Asep Angga Permadi Universitas Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Z Arifin Universitas Garut, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Pendekatan Taktis, Implementasi Pembelajaran PJOK, Partisipasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi pendekatan taktis terhadap partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas XI SMAN 1 Garut. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi siswa SMAN 1 Garut dan sampel sebanyak 40 siswa kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket partisipasi belajar siswa. Hasil prasiklus menunjukkan bahwa rata-rata nilai motivasi, konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman, dan ulangan siswa pada mata pelajaran PJOK adalah 45.9487. Dari hasil siklus, terlihat peningkatan yang signifikan pada indikator konsentrasi, reaksi, organisasi, pemahaman, dan ulangan siswa. Nilai partisipasi siswa meningkat dari siklus I (73.032) ke siklus II (83.518) setelah implementasi pendekatan taktis dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam materi PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-07
How to Cite
Agustian, Y., Permadi, A. A., & Arifin, Z. (2024). Implementasi Pendekatan Taktis Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.55081/jumper.v5i1.2422