Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Limbah Dan Daur Ulang Di Kelas X SMA Swasta Al-Hikmah Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa di SMA Swasta Al-hikmah Medan dengan menerapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) pada materi limbah dan daur ulang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel berjumlah 40 siswa dikelas eksperimen dan 49 siswa dikelas kontrol. Teknik pengambilan sampel berupa Non-Probability sampling (Pengambilan secara teratur) dengan tipe Purposive Sampling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi-Eksperiment dengan model Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pre-test dan juga post-test terhadap hasil belajar dan angket digunakan untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar yaitu, rata-rata nilai post-test pada kelas kontrol 74.53 sedangkan pada kelas eksperimen 84.1, untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh nilai thitung 6.4090 dan ttabel 1.991. Pada sikap peduli lingkungan, semua indikator mengalami kenaikan di kelas eksperimen disbanding kelas kontrol, dengan rata-rata kenaikan sebesar 6,83%. Pembelajaran dengan model Meaningful Instructional Design (MID) ini dapat menjadi salah satu solusi bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang dipelajari dan juga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa.