Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani

  • Aldo Bonar Simbolon Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Dicky Hendrawan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: Minat Olahraga, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh minat olahraga terhadap hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran penjaskes di SD Negeri 105298 Patumbak Kampung Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kuantitatif. Pendekatan penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, analisis data bersifat kuantitatif / statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pada penelitian penentuan sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling yang telah ditetapkan oleh peneliti dengan jumlah siswa 27 anak. Data Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah Dalam pembahasan tentang minat olahraga siswa kelas V SD Negeri 105298 Patumbak Kampung Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu sebesar 19% kategori rendah, 59% kategori sedang, dan 22% kategori tinggi. Sedangkan dalam pembahasan hasil belajar kelas V pada mata pelajaran Penjaskes siswa SD Negeri 105298 Patumbak Kampung Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu sebesar 11% kategori rendah, 78 % kategori sedang, dan 11 % kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Dari hasil analisis data ditemukan pengaruh yang signifikan antara minat olahraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes sebesar 19,9 %. Sehingga Ha diterima dan berbunyi ada pengaruh minat olahraga terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-22
How to Cite
Simbolon, A. B., & Dicky Hendrawan. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28-32. https://doi.org/10.55081/jurdip.v2i2.628

Most read articles by the same author(s)