Efektivitas Program Matrikulasi Islah Lughoh untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Santri MTs As-Salam
Abstract
Penguasaan bahasa Arab merupakan kebutuhan mendasar bagi santri di pesantren, khususnya dalam memahami teks-teks klasik (kutub al-turats) dan kurikulum berbasis keislaman. Namun, sebagian besar santri baru masih menghadapi keterbatasan dalam empat keterampilan berbahasa, sehingga menimbulkan kesenjangan antara tuntutan kurikulum dengan kemampuan awal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program matrikulasi Islah Lughoh dalam meningkatkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis bahasa Arab pada santri MTs As-Salam. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe non-equivalent control group design, melibatkan 60 santri yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan rata-rata skor post-test kelas eksperimen (M = 76,83) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (M = 60,83), dengan ukuran efek besar (d = 1,37). Temuan ini membuktikan bahwa Islah Lughoh berkontribusi signifikan dalam mempercepat adaptasi linguistik santri serta meningkatkan kesiapan mereka menghadapi materi berbahasa Arab. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi program matrikulasi ke dalam kurikulum pesantren dan perlunya pengembangan strategi pedagogis berkelanjutan untuk menjembatani kesenjangan kemampuan awal santri.
Downloads
Copyright (c) 2025 Sherti Monica Asni, Yuniar, Nazarmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





