Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Phet Simulation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas IX MTsN 2 Sambas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapkan model pembelajaran direct instruction berbantuan media PhET Simulation terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas IX MTsN 2 Sambas pada materi listrik dinamis ditinjau dari pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experiment design dengan rancangan one-group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX MTsN 2 Sambas tahun ajaran 2022/2023. Tes dalam penelitian ini berbentuk pilihan ganda berjumlah 15 soal dan soal uraian berjumlah 3 soal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model direct instruction berbantuan media PhET Simulation dimana skor N-Gain yang ditinjau dari pengetahuan faktual sebesar 0,437 (kategori sedang), konseptual 0,546 (kategori sedang) dan prosedural 0,763 (kategori tinggi). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model direct instruction berbantuan media PhET Simulation denga nilai signifikasi 0,000 < 0,05 ditinjau dari faktual, konseptual dan prosedural, dan (3) Penerapan model direct instruction berbantuan media PhET Simulation efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan effect size cohen’s sebesar 3,16 yang tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model direct instruction berbantuan media PhET Simulation berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis di MTs Negeri 2 Sambas.
Downloads
Copyright (c) 2025 Nur Komalasari, Tomo Djudin, Erwina Oktavianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.