Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 07 Pontianak Utara
Abstract
Fasilitas merupakan elemen yang sangat penting serta krusial dalam mendukung kelancaran dan kemudahan proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, sarana serta prasarana yang memadai serta pemanfaatannya secara intensif dan kreatif oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat dibutuhkan. Sebuah sekolah harus memiliki fasilitas yang baik dan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara optimal. Fasilitas yang memadai memastikan bahwa penyampaian materi tidak terganggu, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif serta efisien. Dengan fasilitas yang lengkap, pengajar akan lebih mudah dalam mengajar, khususnya dalam hal penilaian akhir dan proses evaluasi pembelajaran penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran dan juga kebenaran-kebenaran yang sesuai dengan keadaan dan objek penelitian di lapangan yang berguna untuk memecahkan masalah yang ada. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Pemeliharaan rutin dan perhatian terhadap fasilitas yang rusak sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan jasmani dapat berjalan dengan efektif dan aman. Selain itu, hasil pembahasan menunjukkan bahwa kondisi fasilitas olahraga sangat mempengaruhi partisipasi siswa dan efektivitas pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2025 Mimi Haetami, Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Rahma Wahyuni, Jumadil Ihsan, Herdi Sahrani, Dinda Bela Syafira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.