Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Pada Penjas Dengan Latihan Circuit Training Dan Zig Zag Run Terhadap Kecepatan Lari Sprint 20m Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 060833 Medan Petisah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kooperatif STAD, latihan circuit training dan zig-zag run pada kecepatan lari 20 M. Jenis penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV UPT SDN 060833 Medan Petisah yang berjumlah 65 siswa. Data penelitian ini adalah lati 20 M siswa. Penelitian Tindakan Kelas, hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajar model kooperatif STAD, latihan circuit training dan zig-zag run pada kecepatan lari 20 M meningkat, berdasarkan hasil observasi pada sisklus I hasil belajar dribbling dalam kategori tuntas adalah sebanyak 24 siswa dengan persentase 63%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar dribbling dalam kategori tuntas adalah sebanyak 32 siswa dengan persentase 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjasorkes melalui model kooperatif STAD, latihan circuit training dan zig-zag run pada kecepatan lari 20 M dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2025 Heka Mayasari br Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.